325 ASN Pemkot Cimahi Jalani Swab Test

- 3 Agustus 2020, 11:26 WIB
ASN Pemkot Cimahi menjalani swab test, Senin 3 Agustus 2020. (foto: Laksmi Sri Sundari/galamedianews)**
ASN Pemkot Cimahi menjalani swab test, Senin 3 Agustus 2020. (foto: Laksmi Sri Sundari/galamedianews)** /

GALAMEDIA - Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Cimahi mulai menjalani swab test di selasar Gedung B Pemkot Cimahi Jln. Demang Hardjakusumah, Senin 3 Agustus 2020. Pada hari pertama swab test diikuti 325 orang ASN.

Swab test sendiri akan berlangsung selama lima hari, hingga Jumat 7 Agustus mendatang yang dibagi per dinas.

Hari pertama ASN dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah, Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Sekertariat Daerah Kota Cimahi, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Baca Juga: Ditemukan 3.000 Tahun Lalu, Berjanggut dan Bermahkota Arkeolog Israel Klaim Temukan Wajah Tuhan

Berdasarkan pantauan, dalam swab test ini diterapakan protokol kesehatan. Sebelum menjalani swab, terlebih dahulu di cek suhu tubuhnya dengan thermogun. Kemudian mendaftar, sambil menunggu giliran swab mereka duduk di kursi yang berjarak. Saat menjalani swab test, sejumlah ASN terlihat meringis kesakitan.

"Rasanya kayak mau bersin tapi dicolok hidung. Saya pertama ikut swab test. Mudah-mudahan hasilnya negatif," ujar seorang ASN.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota, Cimahi Chanifah Listiyarini mengatakan, dengan penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), terdapat sejumlah wilayah yang patut diwaspadai dalam penularan Covid-19.

Baca Juga: Dua Astronot Pesawat Luar Angkasa Komersil, Spacex Mendarat di Bumi

"ASN termasuk punya resiko tinggi penularan Covid-19 dengan aktifitas di ruangan kantor yang kurang representatif. Sehingga dilakukan tes untuk mendeteksi apakah ada yang menderita covid di ASN Cimahi," ujarnya di sela kegiatan.

Ia berharap tidak ada ASN yang terpapar Covid-19. "Kami harap tidak ada. Kalaupun ada kasus positif akan dilokasir, dan isolasi, sehingga tidak menularkan ke yang lain," katanya wanita yang akrab disapa Rini ini.

Hasil tes seluruhnya dikirim ke Poltekkes Analis Kesehatan. "Sudah bisa tes sampel secara mandiri, hasil paling lama 2x24 jam," ucapnya.

Baca Juga: LC Karaoke di Kota Bandung Unjuk Rasa: Kami Bukan Artis TikTok yang Bisa Goyang Online!

Menurut Rini, pada swab test ini targetnya diikuti 2.000 orang.  "Jumlah ASN di lingkungan Pemkot Cimahi sekitar 2000 orang. Setelah itu lanjut ASN di luar Pemkot seperti kelurahan kecamatan," ucapnya.

Rini menyebutkan jika swab test ini tidak ada hubungan dengan kasus positif ASN di lingkungan Pemprov Jabar. Sebab swab test di lingkunhan Pemkot Cimahinsudah dijadwalkan sebelumnua.

"Bukan hanya terkait Pemprov Jabar, tapi memang sudah dari awal dijadwalkan. Begitu amunisi peralatan cukup kita langsung swab test," terangnya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x