Ribuan Mahasiswa Unisba Bandung Ikuti Pesantren Virtual

- 3 Agustus 2020, 17:36 WIB
/

GALAMEDIA - Sebanyak 1.659 mahasiswa baru Unisba mengikuti pesantren mahasiswa secara virtual. Ke-1.659 mengikuti pesantren dibagi beberapa gelombang. Pada Senin 3 Agustus 2020, pesantren mahasiswa diikuti oleh 437 orang.

Rektor Unisba, Prof Edi Setiadi mengatakan, seluruh mahasiswa baru Unisba wajib mengikuti pesantren mahasiswa. Nanti saat akan lulus, mereka juga wajib mengikuti pesantren sarjana.

"Pesantren ini merupakan kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh mahasiswa. Karena sifatnya sama dengan mata kuliah. Jika tidak bisa tahun ini maka bisa di tahun berikutnya," kata Edi usai membuka acara pesantren mahasiswa.

Baca Juga: Gubernur Jabar Ridwan Kamil Siap Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

Dikatakan, karena di tengah pandemi, maka pesantren mahasiswa ini dilakukan secara online mulai Senin-Jumat. Kendati secara online, tapi mahasiswa wajib mengikuti seluruh agendanya.

"Meski di tengah pandemi saya yakin semua mahasiswa bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik. Selain dilakukan bertahap, kegiatan ini juga dipandu oleh host yang akan ikut memantau seluruh kegiatan," katanya.

"Jangan sekali-kali menganggap kegiatan ini sepele. Karena kegiatan ini nilainya sama dengan mata kuliah lain. Makanya jangan berleha-leha. Harusnya kegiatan ini berlangsung secara tatap muka, tapi apa boleh buat karena situasinya tidak memungkinkan," tambahnya.

Baca Juga: Tidak Ingin Kecolongan Covid-19, Dari Mulai Bupati hingga Staf Pemkab Subang Jalani Swab Test

Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam dan Pesantren Lembaga Studi Islam dan Pengembangan Kepribadian (LSIPK) Unisba, Asep Ahmad Siddiq mengatakan kegiatan pesantren ini bagian dari mata kuliah pendidikan agama Islam (PAI).

Materi yang dipelajari di antaranya tentang ibadah praktis, seperti salat, puasa, zakat, ibadah haji, toharah, membaca Alquran, dan pemulasaraan jenazah.

"Diharapkan dengan pesantren mahasiswa ini mahasiswa Unisba bisa melaksanakan ibadah praktisnya dengan baik dan benar sesuai dengan Alquran dan sunnah Nabi," ujar Asep.

Baca Juga: Mengambil Nama dari Sebuah Gereja, Brompton Semakin Laris Manis dan Mendunia

Para mahasiswa katanya akan dipandu oleh 12 host. Host ini yang akan memantau aktivitas  mahasiswa selama pesantren berlangsung. Mahasiswa pun dituntut untuk melakukan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh.

Ia mencontohkan untuk salat tahajud atau aktivitas lainnya mahasiswa harus mengunggah dalam sebuah video. "Dengan begitu, kami berharap mahasiswa Unisba memiliki akhlakul karimah, membaca Alqurannya lancar, dan keimanannya kokoh," jelas Asep.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x