Gempa Terkini 29 Maret 2023 Mengguncang Cianjur, Sukabumi dan Bogor, Begini Penjelasan Resmi dari BMKG

- 29 Maret 2023, 13:16 WIB
Gempa terkini Cianjur, Sukabumi Bogor cukup kencang pada 29 Maret 2023
Gempa terkini Cianjur, Sukabumi Bogor cukup kencang pada 29 Maret 2023 /BMKG



GALAMEDIA NEWS - Gempa terkini baru saja terjadi pada Rabu 29 Maret 2023, gempa cukup kencang hingga warga merasakan getaran gempa tersebut di wilayah Cianjur, Sukabumi, juga Bogor. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat gempa berada di daerah barat daya Cianjur.

Gempa terkini di Cianjur, Sukabumi dan Bogor tersebut terjadi sekitar pukul 12:34:44 WIB, jenis gempa tektonik.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto dalam rilisnya kepada awak media menyebutkan,  hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,0. Episenter terletak pada koordinat 6.84 LS dan 107.08 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km BaratDaya Cianjur Jawa Barat pada kedalaman 10 km.

Baca Juga: GEMPA Guncang Cianjur Siang Ini, Kekuatan 4.0 Magnitudo Dirasakan di Bogor dan Sukabumi
 

Jenis dan Mekanisme Gempabumi

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas aktivitas sesar Cugenang.    

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Cianjur, Sukabumi, Warungkondang, Cibeber, Cugenang dan Bogor dengan Skala Intensitas III - IV MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu - Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, diluar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi), Di Sukaresmi, Sabandar, Cibodas, Cipanas, dan Rancagoong dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.
    
Gempabumi Susulan:
Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 21 November 2022 hingga Rabu 29 Maret 2023 pukul 12:55 WIB telah terjadi gempabumi di wilayah Cianjur sebanyak 534 kali

Baca Juga: Agar Mudik Anda Makin Berkesan dan Seru, Lakukan 5 Kegiatan Ini Saat Pulang ke Kampung Halaman Nanti!


Rekomendasi BMKG

Himbauan BMKG tentang gempa terbaru di Cianjur tersebut meminta agar masyarakat jangan resan dan tidak terpangaruh isu soal gempa dan dampaknya yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenaran dan keabsahannya.

Namun meski begitu BMKG tetan meminta masyarakat untuk menghindar dari bangunan yang mudah roboh dan retak atau pun rusak akibat gempa, atau saat gempa terjadi.

Kemudian BMKG pun meminta agar masyarakat memastikan untuk memeriksa bangunan atau tempat tinggal anda cukup atahan gempa. Lalu pastikan bahwa bangunan tersebut tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.***

Editor: Ryan Pratama

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x