Cacing Hati Ditemukan pada Puluhan Sapi dan Domba Kurban di Cimahi

- 3 Agustus 2020, 19:28 WIB
Seorang petugas Dispangtan Kota Cimahi sedang memeriksa hewan kurban yang sudah disembelih atau post mortem, beberapa waktu lalu. /


GALAMEDIA - Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi menemukan cacing hati pada 28 ekor sapi dan 43 ekor domba, saat dilakukan pemeriksaan setelah pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah.

Kepala Bidang (Kabid) Pertanian Dispangtan Kota Cimahi, Mita Mustikasari mengatakan, penemuan tersebut berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan, Jumat, 31 Juli 2020 dan Sabtu, 1 Agustus 2020.

"Itu adalah data post mortem atau setelah hewan kurban disembelih, hasilnya masih ada ditemukan cacing hati pada hati hewan kurban. Yang terkena cacing hati hanya bagian hatinya saja, bukan dagingnya. Jadi dagingnya aman dikonsumsi," ujar Mita di Pemkot Cimahi Jln. Demang Hardjakusumah, Senin, 3 Agustus 2020.

Baca Juga: Cukup dengan Obeng, Pembobol ATM di Jakarta Bisa Ngambil Uang Tanpa Mengurangi Saldo Kartunya

Dalam pemeriksaan post mortem ini total ada 3.383 ekor hewan yang diperiksa. Rinciannya, sapi sebanyak 1.302 ekor, domba sebanyak 2.072 ekor, dan kambing 9 ekor.

"Ada 28 ekor sapi yang terkena cacing hati, 43 ekor domba terkena cacing hati. Ada juga 1 ekor sapi dan domba yang terkena pneumonia, 1 ekor sapi terkena necrosis serta 2 ekor sapi terkena sorisis hati," bebernya.

Menurut Mita, sebenarnya cacing hati yang ada pada hati hewan bisa mati hanya dengan direbus air mendidih. Namun, pihaknya menganjurkan agar tidak dikonsumsi.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Berdampak Besar pada Pengusaha Makanan Rumahan di Kab. Bandung Barat

"Kalau cacing hati tidak menular ke manusia. Hanya saja secara estetis kalau yang sudah terkena cacing hati tidak layak untuk dibagikan," katanya.

Pihaknya pun bersama petugas yang disebar di 15 Kelurahan, terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar membuang bagian tubuh hewan kurban yang ada cacing hatinya, meskipun hanya sedikit.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X