WHO Peringatkan Bahaya Virus Marburg, Kenali Apa Itu Virus Marburg, Tanda dan Gejala serta Cara Penularan

- 30 Maret 2023, 07:25 WIB
Ilustrasi bahaya virus marburg. Kenali apa itu virus marburg, tanda dan gejala yang ditimbulkan serta cara penularannya ke manusia./ Pixabay @tumisu
Ilustrasi bahaya virus marburg. Kenali apa itu virus marburg, tanda dan gejala yang ditimbulkan serta cara penularannya ke manusia./ Pixabay @tumisu /

GALAMEDIANEWS - Baru-baru ini World Health Organization atau WHO telah mengeluarkan peringatan terhadap ancaman bahaya Virus Marburg, yang dianggap menular dan menyebabkan gejala yang mirip dengan demam berdarah. Risiko kematian akibat virus ini hampir mencapai 88%.

 

Pada tanggal 21 Maret 2023, Kementerian Kesehatan Republik Persatuan Tanzania mengumumkan wabah penyakit Virus Marburg (MVD) di negara tersebut. Hingga 22 Maret, total 8 kasus, termasuk 5 kasus kematian (rasio kematian kasus [CFR]: 62,5%) telah dilaporkan dari dua desa di distrik Bukoba, wilayah Kagera, Republik Persatuan Tanzania.

Baca Juga: Kemenkumham Membuka Seleksi CPNS Catar 2023 bagi Lulusan SMA, Mau Daftar? Penuhi Syarat ini Secepatnya

Apa Itu Virus Marburg?

 

Virus Marburg adalah virus yang mirip dengan virus Ebola dan dapat menyebabkan penyakit parah dan sering kali mematikan pada manusia.

Virus Marburg ini pertama kali ditemukan pada tahun 1967 di Marburg, Frankfurt, dan Beograd. kemudian Virus ini menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi, seperti darah, air liur, dan keringat.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: WHO Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x