Perekonomian Dunia Terguncang, Amerika Serikat Harus Legowo Jalin Kerjasama Dengan China

- 4 Agustus 2020, 11:53 WIB
Amerika Serikat harus mau bekerja sama dengan China untuk mempercepat pemulihan ekonomi dunia.
Amerika Serikat harus mau bekerja sama dengan China untuk mempercepat pemulihan ekonomi dunia. /



GALAMEDIA - Perekonomian dunia saat ini tengah 'digoyang' masalah pandemi virus corona (Covid-19). Dampaknya, sejumlah negara kini telah masuk dalam jurang resesi. Sebut saja, Singapura, Jerman, Spanyol, Korea Selatan, Jepang, Prancis dan Italia.

Menurut IMF (The International Monetary Fund), negara-negara maju mengalokasikan hingga 20% dari PDB (produk domestik bruto) untuk mengatasi krisis, sementara negara-negara berkembang hanya mampu mengalokasikan tak lebih dari 5% dari PDB.

Laporan IMF mengatakan bahwa 45 negara berpenghasilan rendah telah mengajukan permohonan bantuan keuangan darurat untuk memerangi pandemi.

International Monetary Fund.
International Monetary Fund. AFP

Menurut para ahli yang dikutip oleh CNBC, krisis saat ini telah melanda hampir semua negara secara merata, karena pandemi ini sama-sama berbahaya bagi semua orang. Namun, setiap negara memiliki kemampuan berbeda untuk memerangi krisis pandemi.

Menurut Raghuram Rajan, seorang profesor di Fakultas Bisnis Universitas Booth Chicago, negara-negara maju memiliki lebih banyak peluang finansial. Mereka telah mengalokasikan hingga 20% dari PDB mereka sebagai langkah stimulus fiskal dan moneter untuk mendukung ekonomi dan stabilitas keuangan. Negara-negara berkembang tidak mampu membayar ini.

Baca Juga: Soal Video Obat Virus Corona, Polisi Segera Panggil Anji dan Hadi Pranoto

Paling-paling, mereka mengalokasikan 5% dari PDB mereka, tetapi seringkali tindakan darurat untuk mendukung ekonomi mereka tidak melebihi 1% dari PDB.

Profesor Rajan memperingatkan bahwa negara-negara kuat belum cukup memberi perhatian pada ekonomi yang sedang tumbuh. Dengan sumber daya fiskal yang terbatas, mereka mungkin tidak dapat menangani situasi saat ini sendiri.

Banyak negara beresiko meningkatkan hutang mereka secara drastis sehubungan dengan PDB mereka. Ini bisa menciptakan ancaman lain terhadap stabilitas keuangan di tengah situasi yang sudah mengerikan yang disebabkan oleh krisis virus corona.

Statistik IMF mengkonfirmasi kekhawatiran pertumbuhan utang yang tidak terkendali di negara-negara berkembang. Menurut laporan Outlook Ekonomi Dunia Juni, 45 negara telah mengajukan permohonan kepada IMF untuk bantuan keuangan darurat.

Berdasarkan perhitungan IMF, tingkat utang publik negara-negara ini untuk tahun fiskal 2020-2021 akan mencapai 48% dari PDB. Pada saat yang sama, menurut banyak studi ekonomi, ketika tingkat hutang publik mencapai 60% dari PDB, rata-rata tingkat pertumbuhan ekonomi tahunan berkurang sebesar 2%.

Baca Juga: Amerika Serikat Borong Remdesivir, 15 Negara Beli Obat Virus Corona asal Rusia

Menteri Senior Singapura Tharman Shanmugaratnam mengatakan bahwa sebagian besar pertumbuhan PDB dunia - sekitar dua pertiga dari pertumbuhan global - berasal dari negara-negara berkembang.

Menurutnya, dunia sekarang menghadapi ancaman nyata dari negara-negara ini yang bertransformasi dari berkembang menjadi menurun. Dalam hal ini, pertumbuhan ekonomi seluruh dunia berisiko.

Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump.
Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump.

Pada gilirannya, Profesor Rajan percaya bahwa Amerika Serikat dan Cina harus mulai memainkan peran yang konstruktif dan memimpin dalam mendukung negara-negara berkembang untuk kebaikan bersama.

Dia percaya bahwa tidak mungkin menyelesaikan masalah pertumbuhan global tanpa bantuan dari negara-negara besar ini.

Memang, baik Cina dan Amerika Serikat memiliki dampak besar pada ekonomi dan perkembangan negara-negara lain di dunia. Karena itu, situasi di negara lain secara langsung tergantung pada hubungan mereka.

Kerjasama China-AS akan menguntungkan semua orang. Sayangnya, hubungan antara dua ekonomi terbesar di dunia telah memasuki spiral ke bawah, kata Jiang Yuechun, Direktur Departemen Studi Ekonomi dan Pembangunan Dunia di Institut Studi Internasional China.

"China dan Amerika Serikat memainkan peran penting dalam ekonomi global. Kerja sama antara kedua pihak akan berkontribusi pada kemakmuran ekonomi dan stabilitas di dunia. Sebaliknya, persaingan antara keduanya tidak diragukan lagi akan berdampak negatif pada pembangunan global".

Baca Juga: Ukraina Terlibat, Tenaga Ahli Independen PBB Sebut Korea Utara Terus Kembangkan Miniatur Nuklir

"Dalam konteks saat ini, baik itu ekonomi, politik, atau perang melawan epidemi, AS mengambil pendekatan yang sangat negatif terhadap China. Saya percaya bahwa sikap seperti itu di pihak Amerika Serikat hanya memperburuk situasi global yang sudah memprihatinkan".

Sejumlah kota di China telah memberlakukan status perang. (Saudi24 News)
Sejumlah kota di China telah memberlakukan status perang. (Saudi24 News)

Menurut ahli, China berusaha memainkan peran konstruktif untuk menyelesaikan krisis global yang disebabkan oleh pandemi. Namun, kegagalan AS untuk mencegah penyebaran pandemi mengancam ekonomi Amerika dan, akibatnya, perkembangan tidak hanya Amerika Serikat, tetapi juga negara-negara lain.

"Respons China terhadap epidemi itu sangat sulit, dan telah membawa hasil positif yang jelas. Selain itu, China telah melakukan upaya maksimal untuk memberikan bantuan kepada negara-negara lain, apakah itu mengendalikan penyebaran epidemi, atau merawat pasien dan menyediakan pasokan medis."

"Namun, sangat disayangkan bahwa Amerika Serikat telah gagal untuk mengatasi epidemi. Jumlah kasus di AS meningkat, yang mengancam tidak hanya Amerika Serikat untuk kembali ke kehidupan normal tetapi juga pemulihan ekonomi Amerika ".

"Di atas semua itu, AS menyuntikkan negativitas ke kerja sama internasional. Washington menolak untuk mendukung WHO pada saat yang paling penting ketika seluruh dunia memerangi epidemi. Kita juga tidak melihat apakah AS membuat langkah yang benar mengenai kerja sama dengan negara lain."

Baca Juga: Rengut Lebih dari 500 Juta Nyawa di Abad Ke-20, Ilmuwan Temukan Jejak Wabah Ini di Bangsa Viking

"Amerika Serikat adalah pemain besar di komunitas internasional, dan harus mengambil tindakan efektif pada saat dunia menghadapi krisis".

Para ahli yang diwawancarai oleh CNBC menghitung pemilihan AS mendatang. Mereka percaya bahwa November akan menjadi titik balik ketika kedua negara akan kembali dapat mengadakan dialog.

Donald Trum dan Joe Biden.
Donald Trum dan Joe Biden.

Namun, konsensus bipartisan yang muncul di Amerika Serikat tentang perlunya pendekatan yang lebih keras ke China menimbulkan keraguan apakah perombakan di Washington dapat membawa hubungan kedua negara keluar dari tren menurun.

Soalnya, baik Biden maupun Trump menggunakan retorika ancaman China dalam kampanye pemilihan mereka untuk membenarkan tindakan mereka dan kegagalan terkait di bidang ekonomi, sosial, dan politik.

Namun, penting untuk dipahami bahwa pengalihan tanggung jawab tidak akan berkontribusi pada penyebab umum memerangi pandemi dan memulihkan ekonomi global. Inilah yang dibicarakan para ahli. Kita perlu mengesampingkan klaim bersama, setidaknya untuk sementara waktu, dan mulai bekerja bersama.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x