Pulihkan Ekonomi Jabar, Satgas Pemulihan Ekonomi Akan Beri Rekomendasi kepada Gubernur

- 4 Agustus 2020, 12:12 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau kawasan wisata Lido di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Rabu (15/7/20). Lido didorong menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata pertama di Jabar. (Foto: Pipin/Humas Jabar)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau kawasan wisata Lido di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Rabu (15/7/20). Lido didorong menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata pertama di Jabar. (Foto: Pipin/Humas Jabar) /
 

GALAMEDIA - Satgas Pemulihan Ekonomi Jabar akan memberikan rekomendasi kepada Gubernur Jabar terkait dampak pandemi Covid-19. Dengan rekomendasi tersebut diharapkan gubernur bisa mengimplementasikannya segera agar perekonomian di Jabar segera pulih kembali.

Sebab, penyelamatan dunia usaha yang terpuruk akibat pandemi Covid-19 memerlukan intervensi pemerintah, baik dari sisi pembiayaan, kebijakan, dan pemasaran. Diharapkan, pada akhir Agustus nanti, sudah ada roadmap untuk penyelamatan, pemulihan, dan penormalan dunia usaha di Jabarý. 

Maka itu, Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan Ekonomi sebagai dampak pandemi Covid-19 di Jabar terus menggodok rekomendasi yang akan diberikan kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil supaya bisa diimplementasikan secepatnya.

Baca Juga: Perekonomian Dunia Terguncang, Amerika Serikat Harus Legowo Jalin Kerjasama Dengan China

Wakil Ketua Satgas Jajat Priata mengatakan, pada minggu lalu satgas sudah melaksanakan rapat pleno. Dalam rapat pleno, para ketua memaparkan rencana aksi untuk tiga tahapan, yaitu upaya penyelamatan, pemulihan, dan penormalan dunia usaha. Mayoritas ketua pokja meminta supaya pemerintah melakukan intervensi dalam bidang permodalan, pemasaran, dan regulasi.

“Barang produksi macet, tenaga kerja rusak, pengangguran bertambah, perekonomian terpuruk. Perlu segera ada penyelamatan bagi dunia usaha supaya mereka bisa kembali berproduksi. Untuk bisa recovery, maka produksi harus digenjot, daya beli masyarakat harus ditingkatkan, dan keuangan perusahaan harus pulih. Itu semua perlu intervensi pemerintah,” kata Jajat, Selasa 4 Agustus 2020.

Menurut Jajat, usulan intervensi pemerintah ini ada yang sudah dipenuhi dan banyak juga yang belum. Ia berharap rekomendasi yang dibuat oleh tim satgas akan bisa terlaksana, sehingga dunia usaha bisa memenuhi kebutuhannya dan ekonomi segera pulih.

“Ada sebelas kelompok kerja dalam Satgas Pemulihan Ekonomi ini dan semua telah membuat rekomendasi. Semoga bisa diaplikasikan,” ucapnya.

Baca Juga: Telanjangi Perseteruan Pangeran William dan Harry, Finding Freedom Membuat Kate Middleton Terguncang

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x