Guncang Kerajaan Spanyol, Dituding Tilap Uang Triliunan dari Raja Saudi Ayah Raja Felipe Menghilang

- 4 Agustus 2020, 14:34 WIB
DailyMail /

GALAMEDIANEWS - Ayah Raja Spanyol saat ini, Juan Carlos I kini 'menghilang'. Ia pergi ke tempat yang tak disebutkan. Juan Carlos meninggalkan Negeri  Matador untuk tinggal di negara lain menyusul skandal keuangan yang menyeret namanya.

Kepada sang putra, Raja Felipe, Juan Carlos memberitahukan keputusannya. Dikutip Galamedianews dari DailyMail, Selasa (4 Agustus 2020) sumber rumah tangga Kerajaan Spanyol menegaskan Juan Carlos tak lagi berada di Spanyol sejak awal pekan.

Kepergian ini menandai serangkaian skandal yang melibatkan Juan Carlos yang turun tahta pada Juni 2014 setelah empat dekade menakhodai kerajaan Negeri Matador.

Juan Carlos dan Sofia.
Juan Carlos dan Sofia.

Reputasi Juan Carlos terjun bebas setelah desas-desus mengenai hubungan terlarangnya dengan perempuan di luar pernikahan, korupsi dan rekening ilegal di bank Swiss tak juga mereda.

Pemerintah Spanyol saat ini tengah menyelidiki apakah Juan Carlos menerima komisi rahasia dari proyek senilai £ 5,5 miliar atau Rp 105 triliun dari kerajaan Saudi.

Komisi diberikan karena Juan Carlos dituding membantu memenangkan kesepakatan proyek jalur kereta api Saudi. Tudingan dilayangkan kekasih gelapnya secara pribadi.

Raja Felipe dan Ratu Letizia.
Raja Felipe dan Ratu Letizia.

Tidak jelas ke mana mantan Juan Carlos pindah negara, meski spekulasi sejumlah sumber di Spanyol menyebut Republik Dominika menjadi salah satu negara yang paling mungkin.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Daily Mail


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X