Hasil Survei Enam Lembaga Nyatakan Prabowo Subianto Calon Presiden Terkuat Saat Ini

- 5 Agustus 2020, 08:34 WIB
Prabowo Subianto. /Setkab RI


GALAMEDIA - Prabowo Subianto, yang kini menjabat Menteri Pertahanan dan Ketua Umum Partai Gerindra saat ini meraih elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 menurut hasil survei. Hal itu berdasarkan hasil enam lembaga survei.

Dalam hasil survei Akurat Poll kali ini, elektabilitas Prabowo sebesar 12,7 persen. Dia mengungguli Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 5,2 persen dan Sandiaga Uno 3,9 persen.

"Pada tingkat elektabilitas terdapat 3 nama besar yang berurutan yakni Prabowo, disusul Anies Baswedan, Sandiaga Uno," kata Direktur Akurat Poll Adlan Nawawi dalam rilis survei yang disampaikan via internet, Selasa 4 Agustus 2020.

Baca Juga: Gempa Bermagnitudo 5.2 Guncang Pesisir Selatan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada diposisi empat dengan elektabilitas sebesar 3 persen. Lalu di posisi selanjutnya masing-masing ditempati Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas sebesar 2 persen.

Adlan mengungkapkan, mantan Danjen Kopasus era Presiden Soeharto ini akan mendapatkan sumbangan suara terbesar dari Pulau Jawa sebesar 12,9 persen dari hasil simulasi. Lalu diikuti oleh Ganjar Pranowo sebesar 11 persen, Anies (10.3 persen), AHY (6.4 persen), lalu Sandiaga Uno (5.6 persen).

Dari sisi popularitas, Adlan menyatakan Prabowo masih berada pada urutan pertama dengan 93,9 persen. Sementara Anies di urutan kedua dengan 85.4 persen. Lalu diikuti Sandiaga Uno (82,5 persen), Basuki Tjahaja Purnama (82.4 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (72,9 persen).

Baca Juga: Breaking News: Sekda Kabupaten Bandung, Teddy Kusdiana Wafat

Adlan menilai analisa masyarakat memilih para kandidat tersebut cukup beragam. Ia menyatakan masyarakat memilih Prabowo karena terkenal dengan karakter tegas. Sementara Anies dan Sandiaga terkenal dengan personalitasnya.

"Ganjar dan Ridwan Kamil dengan kinerjanya, sementara yang lainnya, juga dengan kinerjanya," kata dia.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X