Jenderal Andika Perkasa : Pasien Negatif Covid-19 di Secapa AD Sudah Mencapai 86,8 Persen

- 5 Agustus 2020, 09:55 WIB
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan keterangan pers terkait klaster Secapa AD, di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Sabtu, 11 Juli 2020. (Antara)
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan keterangan pers terkait klaster Secapa AD, di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Sabtu, 11 Juli 2020. (Antara) /

GALAMEDIA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa menyebutkan sebanyak 86,8 persen pasien Covid-19 Sekolah Calon Perwira (Secapa) AD sudah dinyatakan negatif Corona.

"Hasil lab PCR (polymerase chain reaction) dari swab lanjutan pasien di Secapa AD sejak Selasa, 4 Agustus hingga Rabu 5 Agustus ini ada 16 pasien lagi yang dinyatakan negatif," kata Kasad dalam pernyataan tertulis, Rabu.

Dengan terus bertambahnya pasien di Secapa AD yang negatif Covid-19, kata dia, total pasien positif di institusi pendidikan kemiliteran tersebut telah berkurang 1.136 orang dari semula 1.308 orang positif Covid-19.

Baca Juga: WNI Jadi Korban Ledakan Beirut, KBRI untuk Libanon Minta Aktif Laporan

Jadi, Andika menyebutkan jumlah pasien positif Covid-19 di Secapa AD saat ini tinggal sebanyak 172 orang atau 13,2 persen.

Dengan semakin bertambahnya pasien Covid-19 yang sembuh membuktikan bahwa penanganan pasien Covid-19 di kluster Secapa AD semakin memperlihatkan kabar menggembirakan.

Sementara itu, gelombang ke-2 donor plasma darah untuk terapi "plasma convalesence" yang terdiri dari delapan perwira lulusan Secapa AD akan dilakukan Rabu ini di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Dalam mendukung penanganan Covid-19 , Kasad juga sudah menjalin kerja sama terkait penelitian yang dilakukan oleh RS Unair terkait obat COVID-19.

Baca Juga: Pagi Ini, Rupiah Menguat 87 Poin dan IHSG Menguat 5,99 Poin

Pada Kamis (16/7) lalu, laboratorium PCR kedua mulai dioperasikan yakni di RS TNI AD Sariningsih, Bandung, untuk mempercepat pelayanan pemeriksaan spesimen hasil tes usap di Bandung dan sekitarnya, setelah pengoperasian laboratorium PCR di RSPAD Gatot Soebroto.

Selain itu, Kasad juga telah meminta Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Kapuskes AD) Brigjen TNI Asrofi Sueb Surachman mempercepat koordinasi pelaksanaan uji klinis kombinasi obat Covid-19  dengan seluruh Kepala Rumah Sakit TNI Angkatan Darat.

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x