Tidak Selalu Pembelajaran Daring, Guru Harus Kreatif Agar Tidak Bebani Siswa Tak Mampu

- 5 Agustus 2020, 17:16 WIB
Ilustrasi pembelajaran daring. (Pixabay) /


GALAMEDIA - Guru diimbau untuk kreatif dengan sistem pembelajaran daring saat pandemi ini. Artinya tidak selalu harus daring, karena pembelajaran juga bisa dilaksanakan melalui sistem luar jaringan (luring).

Sebab, kemampuan setiap siswa dan orangtua siswa tidak sama. Jangan sampai pembelajaran daring ini membebani siswa. Bahkan banyak kasus yang tidak elok didengar akibat guru yang mengharuskan siswanya belajar daring.

"Kemampuan siswa itu berbeda-beda. Jadi bagi mereka yang tidak mampu, guru harus berinisiatif melaksanakan luring. Intinya, Jangan sampai belajar di saat pandemi jadi beban siswa," ungkap Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jabar, Iwan Hermawan kepada galamedianews, Rabu 5 Agustus 2020.

Baca Juga: Meski Sering Disosialisasikan, Banyak ASN di Kabupaten Tasikmalaya Tidak Kenakan Masker

Oleh sebab itu, katanya, FAGI mengimbau guru untuk tidak selalu melaksanakan daring, tapi juga luring, khusus bagi siswa yang tidak memiliki sarana dan prasarana daring seperti kuota, HP, atau laptop.

Untuk pembelajaran luring, lanjut Iwan, guru bisa membuat modul. Siswa bisa mengambilnya ke sekolah dan menyerahkan tugas ke sekolah lagi. "Setelah mengambil modul, siswa belajar di rumah dan mengerjakan tugas. Minggu berikutnya siswa kembali ke sekolah untuk  menyerahkan tugas," beber Iwan.

Tidak hanya dengan menggunakan modul, menurut Iwan luring juga bisa dilakukan dengan melihat televisi, memberikan link materi pembelajaran, dll., kemudian siswa mempelajarinya di rumah.

Baca Juga: Dianggap Jadi Racun, Sejumlah Selebrasi di FIFA 21 Dihapus, Salah Satunya Ala Dele Alli

Selain itu, dikatakannya, FAGI juga mengimbau guru untuk berkolaborasi dalam memberikan tugas kepada siswa. Misalnya guru PKN, Sosiologi, dan Sejarah. Jadi satu tugas untuk tiga mata pelajaran yang materinya saling terkait.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X