Popularitas Selebriti Jadi Senjata Utama Parpol di Pilkada Serentak

- 5 Agustus 2020, 17:24 WIB
Pengamat Komunikasi Politik Unikom Bandung yang juga Direktur Eksekutif Lingkar Kajian Komunikasi dan Politik (LKKP), Adiyana Slamet. /

GALAMEDIA - Tahun ini menjadi era dinamika politik elektoral di Indonesia. Pasalnya, Desember 2020 mendatang sejumlah daerah melaksankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) langsung secara serentak gelombang keempat.

Sejumlah partai politik pun berlomba-lomba menggaet figur dari kalangan selebritas untuk mendongkrak perolehan suara pada semua segmentasi pemilih, demi meraih kemenangan dalam pesta demokrasi nanti.

Pengamat Komunikasi Politik Unikom Bandung yang juga Direktur Eksekutif Lingkar Kajian Komunikasi dan Politik (LKKP), Adiyana Slamet menuturkan, partai politik yang mengusung figur dari kalangan selebritas mempunyai modal dasar sebagai awal untuk meraih kemenangan.

Baca Juga: Tidak Selalu Pembelajaran Daring, Guru Harus Kreatif Agar Tidak Bebani Siswa Tak Mampu

Dalam persaingan partai politik, kontestan harus mampu menempatkan produk politik dan image politik dalam benak masyarakat. Maka dari itu, diperlukan figur selebritas untuk memenangi kontestasi tersebut, tak terkecuali di Pilkada Kabupaten Bandung 2020.

Pelaksanaan Pilkada langsung secara serentak ini menunjukan bahwa Kabupaten Bandung tengah memasuki babak baru menuju good governance dan clean government.

"Pada 2020 ini merupakan dinamika politik baru. Kenapa? Ada faktor dimana kalangan selebritis diyakini bisa meruntuhkan kekuasaan yang telah lama dikuasai. Terlebih ada indikasi dari jenuhnya masyarakat dengan sistem oligarki, di Kabupaten Bandung," kata Adiyana saat dihubungi wartawan melalui telepon seluler, Rabu 5 Agustus 2020.

Baca Juga: Meski Sering Disosialisasikan, Banyak ASN di Kabupaten Tasikmalaya Tidak Kenakan Masker

Selain itu, tambah Adiyana, partai politik juga berlomba untuk memenangkan Pilgub pada 2023 dan Pilpres serta Pileg 2024. Sehingga, kata dia, kepopularitasan selebritas memang digadang-gadang menjadi senjata utama partai politik.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X