Mekanisme Pembagian Kuota Internet Gratis Diserahkan ke Sekolah

- 5 Agustus 2020, 20:01 WIB
Ilustrasi belajar daring. (Pixabay)
Ilustrasi belajar daring. (Pixabay) /



GALAMEDIA - Untuk menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) siswa tingkat SMA negeri sederajat, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Disdik Jabar) memiliki program kuota internet gratis. Pembagian kuota internet diserahkan ke sekolah masing-masing.

"Kuota internet ini akan diberikan dalam bentuk kartu SIM, yang dibagikan ke masing-masing alamat peserta didik," ungkap Sekretaris Disdik Jabar Wahyu Mijaya, Rabu, 5 Agustus 2020.

Diakuinya, petunjuk teknis dan pelaksanaan pembagian kuota gratis telah diberikan ke masing-masing sekolah. Pemberian kuota internet dan besarannya pun tergantung pihak sekolah.

Baca Juga: TNI AD Lahirkan Ban Mobil Tanpa Udara: Peluru Gak Masalah, Apalagi Cuma Paku, Libass...!!

"Karena berbeda-beda kebutuhan kuota di setiap sekolah, itu sudah kami serahkan ke sekolah (teknis pembagiannya)," ujar Wahyu.

Ia mengatakan, pihaknya berharap sekolah mengedepankan asas keadilan dalam pembagian kuota ini. Sehingga, tidak semua siswa bisa mendapatkan kuota. Karena, sekolah diberi kewenangan untuk menginventarisasi kebutuhan murid yang satu dengan yang lainnya.

"Selain itu, sekolah lebih mengetahui jaringan terbaik yang bisa digunakan di wilayahnya masing-masing. "Misal di satu tempat misalnya yang bagus operator A, terus di tempat lain operator B, dan itu beda-beda. Kemudian besaran kuota dan lain-lain diserahkan kepada kebijakan masing-masing sekolah," jelasnya.

Baca Juga: Kisah Ayah di Garut Curi HP Agar Anaknya Bisa Belajar Daring Jadi Viral, Bantuan Mulai Berdatangan

Untuk alokasi anggaran kuota internet dan kebutuhan yang diperlukan, menurut Wahyu itu tergantung dari inventarisir kebijakan sekolah. Karena harus efektif dan efisien, tidak bisa dipersamakan antara kondisi sekolah atau siswa yang satu dengan yang lainnya.

Sementara itu, orangtua siswa SMAN 15 Kota Bandung, Leli mengatakan ia belum mengetahui ada kebijakan internet gratis dari sekolahnya.

Perlu diketahui, hingga saat ini belum semua siswa mendapatkan kuota gratis. "Sejauh ini belum, teman-teman anak saya juga belum dapat internet gratis," ujar Leli.

Baca Juga: Jabar Raih Prestasi di Bidang Pengembangan Kompetensi ASN

Diakuinya, untuk memenuhi kuota internet anaknya, ia masih harus membeli kuota internet setiap bulannya."Ya beli sendiri biar anak saya bisa belajar," katanya.

Berbeda dengan Leli, salah seorang siswa di SMAN 13 Bandung Salsabila Syifa mengatakan ia telah mendapatkan kuota internet sebanyak 5 gigabyte (GB) dari sekolah. "Saya menerima kuota internet 5 GB dari sekolah bulan lalu. Tapi bulan ini belum nerima," katanya.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x