Cair Pekan Depan, Ini Fakta-Fakta Gaji Ke-13 PNS/TNI/Polri

- 6 Agustus 2020, 15:23 WIB
Ilustrasi gaji ke-13 (dok. Galamedia). /


GALAMEDIA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mencairkan gaji ke-13 untuk para pegawai negeri sipil (PNS). Gaji ke-13 tersebut akan cair pada bulan Agustus 2020.

Namun pencairan tersebut bisa lebih cepat dari yang dijadwalkan. Sebelumnya, pencairan dijadwalkan sebelum pertengahan Agustus 2020.

Direktur Harmonisasi Peraturan Penganggaran Direktorat Jenderal Anggaran Kemenkeu Didik Kusnaini mengatakan pencairan gaji ke-13 bisa dilakukan mulai pekan depan setelah perubahan PP 38 Tahun 2019 tentang Pemberian Penghasilan Ketiga Belas kepada Pimpinan dan Pegawai Non PNS pada Lembaga Non Struktural terbit.

Baca Juga: Pil Kontrasepsi Tingkatkan Risiko Terserang Virus Corona?

"Kalau harapannya Bu Menteri (Sri Mulyani) kan sudah menyampaikan kemarin akan dibayarkan awal Agustus, ini sudah pekan pertama, pekan depan, harapannya bisa mulai dibayarkan pekan depan," ujar Didiek Kamis 6 Agustus 2020.

Pemerintah menyiapkan anggaran untuk membayar gaji ke-13 PNS, TNI, Polri serta pensiunan sebesar Rp28,5 triliun pada tahun ini.

Anggaran itu berasal dari Rp14,6 triliun melalui APBN dan sisanya berasal dari APBD sebesar Rp13,89 triliun.

Baca Juga: Sudah Menyebar, Pejabat China Peringatkan Penyakit Jauh Lebih Mematikan dari Virus Corona

Adapun, untuk anggaran dari APBN akan mengalir untuk gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji PNS pusat sebesar Rp6,73 triliun.

Selain itu, pemerintah juga mengalokasikan untuk pensiunan sebesar Rp7,86 triliun.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X