Uji Klinis Vaksin Covid-19 Dimulai Selasa, 11 Agustus 2020

- 6 Agustus 2020, 16:18 WIB
ILUSTRASI vaksin virus corona. /*/Euro News

GALAMEDIA - Universitas Padjadjaran (Unpad) bersama PT Biofarma, Badan POM, dan Balitbangkes mulai melakukan uji klinis vaksin Covid-19 pada Selasa, 11 Agustus 2020. Proses uji klinis akan dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Kampus Unpad Dipati Ukur, serta 4 Puskesmas di Kota Bandung.

Ketua tim riset uji klinis Unpad Prof. Kusnandi Rusmil mengatakan, uji klinis dilakukan maksimal 20 orang per hari di setiap lokasi pengujian. Hal ini dilakukan untuk memenuhi aspek kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19.

Kusnandi memaparkan, sampai saat ini tercatat 800 calon relawan sudah mendaftar ke Unit Riset Klinis Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSUP Hasan Sadikin. Selain itu, sebanyak 350 orang dari lingkungan Unpad akan menjadi calon relawan uji klinis.

Baca Juga: Sinopsis Ghost in the Shell, Tayang Nanti Malam di Bioskop Trans TV

"Ini belum termasuk calon relawan yang sudah disiapkan oleh setiap Puskesmas," ungkap Kusnandi dalam siaran persnya, Kamis, 6 Agustus 2020.

Secara teknis, katanya, selama masa penelitian, relawan atau subjek penelitian akan beberapa kali datang ke lokasi pengujian. Kedatangan pertama dilakukan 3 hari sebelum penyuntikkan.

Pada fase pertama, subjek akan diperiksa untuk menentukan apakah yang bersangkutan masuk sebagai sampel uji klinis atau tidak.

"Di samping kita melakukan pemeriksaan darah, kita lakukan pemeriksaan swab," kata Kusnandi.

Baca Juga: Dituding Pencitraan, Meghan Markle Edit Profil Wikipedia Jelang Pengumuman Pertunangan oleh Istana

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X