Bisa Rugikan Banyak Pihak, China Ngaku Tak Bergairah Perang Diplomatik dengan Amerika Serikat

- 7 Agustus 2020, 00:15 WIB
Menteri Luar Negeri China, Wang Yi. /

GALAMEDIA - Pemerintah China tak tertarik untuk berperang diplomatik dengan Amerika Serikat (AS). Hal ini diungkapkan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi Rabu 5 Agustus 2020 seperti dilansir kantor berita Xinhua.

Meskipun begitu, Wang Yi mengatakan, pihaknya selalu siap mempertahankan diri jika situasi memang mendorong mereka untuk melakukan hal tersebut.

"China tidak berniat perang diplomatik dengan AS karena itu akan merugikan kepentingan kedua bangsa bahkan lebih," ungkapnya seperti dilansir Sputnik News pada Kamis 6 Agustus 2020.

"Memulai perang diplomatik tidak membuktikan kekuatan AS. Justru sebaliknya, itu hanya memperlihatkan semakin kurangnya kepercayaan dari AS," kata Wang Yi saat wawancara.

Baca Juga: Menenteng AK-47 3 Remaja Nekat 'Serbu' Tempat Peristirahatan Presiden Amerika Serikat Donald Trump

Menteri Luar Negeri China ini menambahkan jika AS mengambil langkah untuk memicu konflik diplomatik, pihaknya siap untuk merespons.

Ketegangan antara Washington dan Beijing telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir, setelah otoritas AS memerintahkan penutupan konsulat jenderal China di kota Houston pada akhir Juli, dengan alasan dugaan upaya mata-mata dan campur tangan.

Sebagai tanggapan, otoritas China pada 24 Juli memerintahkan penutupan konsulat jenderal AS di Chengdu. Kementerian Luar Negeri Cina menyebut keputusan ini sebagai jawaban yang sah dan relevan untuk tindakan Washington.

Baca Juga: Cekcok di Jalan Raya, Oknum Danramil Tembak Leher Seorang Warga Hingga Terkapar Bersimbah Darah

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X