Melalui Program Bedah Rumah Pusdikkav, Rumah Maman Suherman Kini Layak Dihuni

- 7 Agustus 2020, 14:33 WIB
Komandan Pusdikkav Pussenkav, Brigjen TNI Taufik Budi Santoso  (kedua kiri) dan Maman SUherman (kedua kanan) saat berbincang di rumahnya di Kp.  Pangkalan Hilir, Desa Cimanggu, Kec. Ngamprah, Kab. Bandung Barat, yang baru selesai direnovasi melalui program bedah rumah Pusdikkav dalam rangka hut ke-70, Jumat 7 Agustus 2020
Komandan Pusdikkav Pussenkav, Brigjen TNI Taufik Budi Santoso  (kedua kiri) dan Maman SUherman (kedua kanan) saat berbincang di rumahnya di Kp.  Pangkalan Hilir, Desa Cimanggu, Kec. Ngamprah, Kab. Bandung Barat, yang baru selesai direnovasi melalui program bedah rumah Pusdikkav dalam rangka hut ke-70, Jumat 7 Agustus 2020 /./Ziyan M. Nasyith/  /
 

GALAMEDIA - Raut wajah sedih bercampur bahagia terlihat saat Maman Suherman (48) dan Cicih (46) melihat kondisi rumahnya yang dulu sangat tidak layak, kini berubah drastis setelah direnovasi oleh jajaran TNI dari Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikkav).

Renovasi yang dilakukan tersebut dalam rangka memperingati HUT Pusdikkav Pussenkav ke-70. Dalam waktu dua bulan, rumah yang ditinggali Maman dan Cicih beserta empat orang anaknya di Kp. Pangkalan Hilir, Desa Cimanggu, Kec. Ngamprah, Kab. Bandung Barat itu diperbaiki agar lebih layak dihuni.

Rumah semi permanen milik Maman Suherman yang asalnya berdinding bilik, usai dibedah kini menjadi rumah permanen yang layak huni dengan perabotan rumah yang juga diperbaharui.

Rumahnya yang berukuran 10x11 meter persegi dan telah berdiri sejak 2001 memang kondinya sudah rusak. Bahkan kalau hujan deras disertai angin kencang seringkali bocor dan air kerap menggenang.
 

Penghasilan Maman dari bekerja sebagai buruh tani dan perairan di sekitar Pusdikkav tak cukup untuk memperbaiki kerusakan rumahnya. Penghasilan yang ia dapat paling hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari keluarganya.

"Dari 2001 kondisinya tidak layak. Memang ada keinginan untuk direnovasi, tapi karena kondisi ekonomi belum memungkinkan, paling kalau diperbaiki juga seadanya saja," ungkap Maman saat diwawancarai usai peresmian program bedah rumah Pusdikkav, Jumat 7 Agustus 2020.

Maman mengaku, rumah tersebut merupakan peninggalan dari kakeknya. Dirinya pun bersyukur karena Pusdikkav membantu keluarganya dengan membedah rumah tersebut menjadi jauh lebih layak dari sebelumnya.
 
Baca Juga: Tuding Sebar Kebohongan, Kini Giliran Hadi Pranoto Laporkan Muannas Alaidid ke Polda Metro Jaya

Dirinya mengucapkan banyak terima kasih kepada Komandan Pusdikkav Pussenkav yang telah memperbaiki rumahnya. "Sebelumnya tidak pernah ada bantuan, baru sekarang saja. Saya darimana uangnya kalau harus rehab sendiri, upah sebagai petani sebesar Rp250.000 per bulan juga masih kurang untuk kebutuhan sehari-hari," katanya.

Dalam kesempatan tersebutm, Komandan Pusdikkav Pussenkav, Brigjen TNI Taufik Budi Santoso meresmikan rumah Maman yang selesai dibedah itu.

"Kegiatan bakti sosial dan peresmian bedah rumah ini dalam rangka HUT ke-70 Pusdikkav Pussenkav. Kami membantu dan berbagi kepada warga yang membutuhkan, termasuk juga memberikan paket sembako ke warga," ujar Taufik seusai peresmian.

Taufik mengatakan, bedah rumah ini merupakan salah satu upaya untuk membantu warga yang kesulitan di sekitar Pusdikkav. Ini juga sebagai wujud konkrit kemanunggalan TNI-rakyat dan salah satu program pembinaan teritorial satuan non kowil dari Pusdikkav. Menjadi contoh dan memelopori usaha untuk mengatasi kesulitan masyarakat di sekitarnya, sesuai salah satu pasal delapan wajib TNI.
 
Baca Juga: Hanya 20 Persen dari 228 Kecamatan Zona Hijau Jabar yang Siap Pembelajaran Tatap Muka

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada semua anggotanya, tim bedah rumah di bawah komando Mayor Kav Ali Imron, dan warga sekitar yang telah membantu proses pembangunan. Semua kerja kerasnya telah membuahkan hasil dengan berdirinya rumah yang sangat nyaman dan sehat. Semoga kemanunggalan TNI dan rakyat serta silaturahmi yang positif ini bisa terus dijaga dalam berbagai program ke depannya.

"Bagi keluarga pak Maman saya minta agar rumah yang sudah direhab dijaga kebersihannya agar tetap nyaman dan sehat," imbaunya. 
 
 
 
Caption:
 
 

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x