Hadapi Serangan Roket Musuh, Rusia Sudah Siapkan Rudal Berhulu Ledak Nuklir

- 8 Agustus 2020, 09:01 WIB
Ilustrasi. (Foto: Reuters/Ria Novosti) /

GALAMEDIA - Rusia mengklaim telah menyiapkan persenjataan canggih dalam menghadapi serangan musuh jika suatu saat terjadi. Mereka akan membalas setiap serangan roket apapun dengan rudal berhulu ledak nuklir.

Pernyataan tersebut disampaikan Kementerian Pertahanan Rusia yang telah secara terbuka mengungkapkan untuk meluncurkan serangan nuklir.

"Setiap rudal yang menyerang akan diperlakukan sebagai rudal yang dilengkapi nuklir," tulis Andrey Sterlin, anggota Staf Umum Rusia dan Alexander Khryapin, seorang ilmuwan militer papan atas, di surat kabar Kementerian Pertahanan Red Star yang kutip Russia Today, Sabtu, 8 Agustus 2020.

Baca Juga: Longor dan Banjir di China Tewaskan ‎1.400 Orang Pada 8 Agustus 2010

Kedua orang itu menamabhkan, informasi tentang peluncuran rudal otomatis akan dikomunikasikan kepada pimpinan tertinggi negara. Semuanya akan tergantung pada situasi dan cara dalam menentukan skala respons pasukan nuklir.

Andrey Sterlin dan Alexander Khryapin menambahkan, sistem peringatan serangan rudal Rusia tidak dapat menentukan apakah rudal yang diluncurkan adalah nuklir atau non-nuklir.

Oleh karena itu akan diperlakukan sebagai skenario terburuk. Terutama mengingat singkatnya guna merespons serangan nuklir.

Baca Juga: Seto Koji dan Yamamoto Mizuki Resmi Menikah

Perjanjian pengurangan senjata nuklir START (Strategic Arms Reduction Treaty) yang baru antara Amerika Serikat (AS) dan Rusia akan berakhir pada 5 Februari 2021.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X