Gunung Sinabung Batuk, Empat Kecamatan Ini Terkena Dampaknya

- 8 Agustus 2020, 13:46 WIB
Erupsi Gunung Sinabung yang terekam kamera Pengamatan Gunungapi Sinabung Badan Geologi dan PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, pada Sabtu, 8 Agustus 2020. (Antara/Ist)
Erupsi Gunung Sinabung yang terekam kamera Pengamatan Gunungapi Sinabung Badan Geologi dan PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, pada Sabtu, 8 Agustus 2020. (Antara/Ist) /

GALAMEDIA - Ada empat kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara terkena dampak batuk atau erupsi Gunung Sinabung yang menyemburkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter, Sabtu dini hari tadi.

"Wilayah yang terdampak abu vulkanik Gunung Sinabung, yakni Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Berastagi, Kecamatan Simpang 4, dan Kecamatan Merdeka," kata petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Muhamad Nurul Assori di Kabupaten Karo, Sabtu.

Warga pu diimbau untuk menggunakan masker atau pelindung diri agar tidak terpapar abu vulkanik.

Baca Juga: Seorang dari Rombongan Joko Widodo yang Tergulung Ombak di Bantul Kembali Ditemukan Tim SAR

Selain itu, warga diimbau tidak memasuki zona merah kawasan Sinabung karena masih tinggi aktivitas vulkanik gunung itu.

"Imbauan warga apabila terdampak abu wajib memakai masker dan pelindung diri," ujarnya.

Gunung Sinabung pada Sabtu, pukul 01.58 WIB kembali erupsi dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak gunung itu atau kurang lebih 4.460 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga: Duh, Warga Kota Bandung Masih Banyak yang Tak Gunakan Masker

Erupsi kali ini merupakan yang pertama di masa pandemi Covid-19 setelah yang terakhir pada 9 Juni 2019 dengan melontarkan abu vulkanik kurang lebih 7.000 meter di atas puncak atau 9.460 meter di atas permukaan laut.

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x