Analis Perang Bejing Ungkap Strategi Terbaik China Dalam Hadapi Amerika Serikat di Indo-Pasifik

- 10 Agustus 2020, 03:15 WIB
(@usnavy)
(@usnavy) /

GALAMEDIA - Amerika Serikat kini tengah mengevaluasi pengerahan militernya di kawasan Indo-Pasifik untuk memastikan mereka memiliki kekuatan dan pasukan yang cukup untuk melawan ancaman apa pun dari China.

Kepala Staf Angkatan Darat AS James McConville baru-baru ini mengatakan sistem senjata jarak jauh yang akurat menjadi prioritas utama Amerika Serikat di Indo-Pasifik. Namun hal itu kini tengah dicarikan pilihan mengenai jenis senjatanya.

Perubahan "akan memungkinkan kita untuk mengalahkan" musuh potensial seperti China dan Rusia, katanya, seraya menyinggung mengenai pentingnya pembentukan "sekutu" di wilayah tersebut.

Kepala Staf Angkatan Darat AS James McConville.
Kepala Staf Angkatan Darat AS James McConville.


Komentar McConville muncul setelah komandan Korps Marinir AS Jenderal David Berger mengatakan pada bulan Maret dalam rencana “Desain Kekuatan 2030” dia ingin mengurangi peran marinir dalam perang darat dan menyerahkan sebagian besar tanggung jawab itu kepada pasukan reguler.

Sementara itu, Pengawal Nasional Angkatan Darat AS mengatakan akan memindahkan sebagian besar brigade di bawah komando delapan markas divisi untuk meningkatkan kekuatan tempur pasukan darat di wilayah tersebut, menurut laporan 1 Agustus oleh surat kabar militer AS Stars and Stripes. .

Song Zhongping, seorang ahli militer yang berbasis di Hong Kong, mengatakan perombakan itu adalah bagian dari strategi Indo-Pasifik Presiden AS Donald Trump untuk menahan China.

Baca Juga: Heboh, Bill Gates Sebut Tes Covid-19 di Amerika Serikat Mayoritas Sampah, Hanya Buang Uang Percuma

"AS ingin memperkuat kemampuan serangannya dengan mengintegrasikan sistem daya tembaknya di darat, udara, laut, dan ruang angkasa, dan menggabungkannya dengan pasukannya dalam sistem tempur operasi gabungan yang kuat," katanya.

“Tujuannya adalah untuk memblokir semua saluran di Laut Cina Timur dan Selatan dan bekerja dengan sekutu regionalnya untuk menghentikan armada PLA (Tentara Pembebasan Rakyat) agar tidak melanggar 'rantai pulau pertama' yang didirikan oleh Washington (selama Perang Dingin).”

Dalam perjalanannya ke Tokyo bulan lalu, Berger membahas dengan mitranya dari Jepang tentang kemungkinan penempatan unit kelautan AS di Okinawa. Mereka akan dipersenjatai dengan rudal anti-kapal dan pertahanan udara, dan akan bekerja sama dengan pasukan Jepang untuk mencegah akses mudah ke Pasifik bagi militer China, katanya.

Pesawat F35B
Pesawat F35B


Menurut laporan Stars and Stripes, militer AS juga telah melakukan latihan yang melibatkan pengerahan sekitar selusin F-35B Lightning II Joint Strike Fighters di USS America, sebuah kapal serbu amfibi.

Pakar angkatan laut yang berbasis di Beijing Li Jie mengatakan eksperimen itu merupakan tanggapan terhadap perluasan kapasitas tempur angkatan laut dan udara PLA.

"AS khawatir armadanya akan diusir dari Pasifik barat," katanya.

PLA memiliki daya tembak yang cukup untuk menghadapi armada Amerika jika terjadi pertempuran lepas pantai, kata Li.

Baca Juga: TKA China Bawa Rp 3 Triliun ke Negerinya, Jutaan Pekerja Dalam Negeri Kena PHK, HNW: Sangat Ironis

"Sistem roket peluncuran ganda Type PCL191 China, yang memiliki jangkauan hingga 400 km, dan peluncur roket lainnya adalah opsi berbiaya rendah paling efisien untuk menangani konflik head-to-head," katanya.

"PLA juga mengembangkan sistem radar gelombang permukaan frekuensi tinggi baru untuk mendeteksi jet tempur siluman seperti F-35, dan senjata perang elektronik canggih lainnya."

Song mengatakan kesulitan terbesar yang mungkin dihadapi AS dengan strategi pertahanannya adalah menjaga kerja sama dengan sekutunya.

Baca Juga: Simpan Kunci Rahasia, Piramida Putih Berusia 8.000 Tahun Dijaga Ketat Militer China

Tindakan terbaik Beijing adalah dengan mengganggu aliansi itu, katanya.

“Saat ini, hanya Australia yang mendengarkan AS. Sekutu lainnya, seperti Jepang, Singapura, Filipina, dan anggota ASEAN lainnya ragu-ragu tentang apa yang harus dilakukan karena mereka tidak ingin memihak antara Beijing dan Washington.”***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x