Dituding Berhasrat Kuasai Lebanon, Presiden Prancis Emmanuel Macron Janjikan Bantuan Rp 4,3 Triliun

- 10 Agustus 2020, 10:06 WIB
DailyMail /

GALAMEDIANEWS - Dipimpin Presiden Prancis para pemimpin dunia menjanjikan lebih dari 250 juta euro atau tak kurang dari Rp 4,3 triliun untuk membangun kembali Beirut setelah ledakan pelabuhan yang meluluhlantakkan ibu kota Lebanon itu akhir pekan lalu.

Dikutip Galamedianews dari DailyMail, Senin (10 Agustus 2020) lima belas pemimpin negara, termasuk Donald Trump ikut ambil bagian dalam konferensi jarak jauh yang digelar Presiden Prancis Emmanuel Macron dan PBB kemarin.

Negara-negara donor juga mendesak Lebanon untuk berkomitmen penuh pada langkah reformasi guna membuka dukungan jangka panjang bagi pemulihan ekonomi dan keuangan negara.

Dikatakan bantuan untuk penyelidikan yang tidak memihak, kredibel dan independen terkait ledakan hari Selasa lalu saat ini sangat dibutuhkan pemerintah Lebanon.

Sebelumnya langkah Macron mengunjungi Beirut dituding sebagai upaya  merebut kembali Lebanon yang di masa lalu menjadi jajahan Prancis, ketimbang membantu. Lebanon sendiri menolak bantuan kemanusiaan dari Israel karena keduanya secara teknis masih berperang.

Mengunjungi Beirut hanya beberapa hari pasca-ledakan, Macron terlihat menemui korban langsung dan berjanji memberikan bantuan untuk membangun kembali kota. Ia juga mengklaim ledakan ikut menusuk hati warga Prancis.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Daily Mail


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X