Ciptakan SDM Unggul, Tel-U Gandeng 3 Negara Untuk Kembangkan Pendidikan

- 10 Agustus 2020, 16:39 WIB
/


GALAMEDIA - Menyambut jadinya yang ke-7, Telkom University (Tel-U) melalui Direktorat Kerjasama & Kantor Urusan Internasional menggelar webinar yang melibatkan Duta Besar (Dubes) dari 3 negara, yakni Afrika Selatan, Vietnam dan Ukraina. Bertajuk "Menjalin Kerjasama Internasional Pendidikan Tinggi dalam Menciptakan SDM Unggul" acara ini berlangsung secara daring melalui Zoom, pada Senin 10 Agustus 2020.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Afrika Selatan, Republik Botswana, Kerajaan Eswatini, dan Kerajaan Lesotho, H.E. Salman Al Farisi menjelaskan, kolaborasi yang terjalin antar negara memang sangat penting, khususnya dalam dunia pendidikan, karena di Afrika sektor pendidikan memang sangat minim, maka dari itu kolaborasi dengan universitas di dunia khsusnya dengan Indonesia agar bisa direalisasikan.

“Disini kerjasama dalam bidang pendidikan dengan Indonesia masih terbatas, kami berharap ini bisa menjadi peluang besar bagi Telkom University untuk mengembangkan berbagai sektor yang ada di Afrika melalui inovasi-inovasi yang ada di Telkom University.” ucapnya.

Baca Juga: Diberi Penghargaan Bintang Mahaputera Nararya oleh Presiden Jokowi, Begini Respons Fahri Hamzah

Di Afrika, Salman menambahkan bahwa sektor dalam bidang ICT masih sangat minim, bahkan masih kurang dibandingkan Indonesia, dan tantangannya adalah dalan dunia telekomunikasi di Afrika sangat minim.

“Dalam kondisi seperti saat ini, menuntut kita untuk mengembangkan dunia telekomunikasi agar membantu proses belajar mengajar, maka dari itu dengan kualitas yang dimiliiki Telkom University dalam dunia telekomunikasi kami harap Tel-U bisa mengembangkan sektor ICT yang ada di Afrika.” Jelasnya.

Sejalan dengan Salman Al Farisi, Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Sosialis Vietnam, H.E. Ibnu Hadi menjelaskan bahwa kerjasama dalam dunia pendidikan memang sangat penting untuk bersama-sama membangun SDM dari masing-masing negara.

“Kami dengan senang hati memfasilitasi kerjasama antara Telkom University dengan Vietnam, baik kerjsama dengan pihak industry ataupun dalam sektor pendidikan, karena antara Indonesia dan Vietnam itu kurang lebih sama dari beberapa sektor, disini pun ada beberapa universitas yang berbasis telekomunikasi sama dengan Telkom University.” Ucapnya.

Baca Juga: Soal Jadi Relawan Uji Klinis, Emil: Masa Rakyat Mau Dikorbankan!

Untuk membuka kerjasama dalam dunia pendidikan di Indonesia secara Internasional, Duta Besar LBBP Republik Indonesia untuk Ukraina, Georgia, dan Armenia, H.E. Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi mengajak agar lebih banyak mahasiswa Indonesia untuk menempuh pendidikan di Ukraina.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x