Ular Jali atau Korros Masuk ke Permukiman Warga, Diduga Kelaparan

- 10 Agustus 2020, 17:58 WIB
Tim Animal Rescue Disdamkar Kabupaten Garut menunjukan Ular Koros yang masuk rumah warga di Kampung Lio, Jalan Gunung Payung, RT 04 RW 03, Kelurahan Ciwalen, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin 10 Agustus 2020.
Tim Animal Rescue Disdamkar Kabupaten Garut menunjukan Ular Koros yang masuk rumah warga di Kampung Lio, Jalan Gunung Payung, RT 04 RW 03, Kelurahan Ciwalen, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin 10 Agustus 2020. /Agus Somantri/


GALAMEDIA - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan (Disdamkar) Kabupaten Garut mengevakuasi seekor Ular Jali/Korros (Ptyas Korros) di dalam rumah warga di Kampung Lio, Jalan Gunung Payung RT 04 RW 03, Kelurahan Ciwalen, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin 10 Agustus 2020.

Komandan Regu (Danru) 1, Supriatna, mengatakan, pihaknya mendapat laporan adanya ular memasuki dapur rumah warga bernama Dian (44). Panik ada ular, pemilik rumah pun langsung menghubungi Disdamkar untuk evakuasi.

"Laporannya tadi pagi jam 08.26 WIB, Ular Korros-nya masuk rumah, lima personel kami turunkan menuju lokasi, dan ular itu berhasil dievakuasi sekitar pukul 08.40 WIB," ujarnya, Senin.

Baca Juga: Terimbas Kisruh Antara Amerika Serikat dan China, Rupiah Ditutup Melemah 23 Poin

Menurut Supriatna, saat proses evakuasi ular yang bersembunyi di bawah meja rumah warga tersebut sempat menyerang petugas. Bahkan, ular ini sempat lari masuk ke dalam dapur. Beruntung, dua orang petugas yang mengenakan pakaian pelindung dengan cekatan menangkap ular itu dengan cara menjepit menggunakan tongkat khusus.

Supriatna menyebutkan, kurang dari 15 menit petugas dari Tim Animal Rescue berhasil melumpuhkan ular sepanjang 23 cm tersebut dengan alat tongkat penjepit Snake Hook, dan langsung dibawa ke luar rumah dan dimasukkan ke dalam karung.

"Tertangkap satu ular, kita evakuasi kita amankan dan dilepaskan ke habitatnya di hutan. Alhamdulillah tidak korban luka," ucapnya.

Baca Juga: Dari Target 15,72 Juta, BP Jamsostek Baru Kantongi 700 Ribu Norek Pegawai Bergaji di Bawah Rp 5 Juta

Supriatna menuturkan, kebanyakan masyarakat tidak mengetahui apa penyebabnya hal yang menyebabkan Ular Korros tersebut memasuki rumah warga.

"Diduga karena saat ini sedang musim kemarau, ular tersebut kelaparan sehingga berusaha mencari makanan dan tempat yang hangat untuk bertelur," katanya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x