Polresta Bandung Ungkap Kasus Peredaran Ganja dan Sabu Senilai Rp400 Juta

- 10 Agustus 2020, 19:31 WIB
  Dua orang tersangka pengedar narkoba jenis ganja dan sabu, K dan HH berhasil diringkus oleh jajaran Satres Narkoba Polresta Bandung./Ziyan M. Nasyith/
Dua orang tersangka pengedar narkoba jenis ganja dan sabu, K dan HH berhasil diringkus oleh jajaran Satres Narkoba Polresta Bandung./Ziyan M. Nasyith/ /Ziyan M /

GALAMEDIA - Jajaran Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polresta Bandung berhasil mengungkap distribusi pengedaran narkoba dengan modus baru. Diduga modus tersebut menjadi andalan para pengedar untuk memutus jaringan.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan mengatakan, pengungkapan peredaran narkoba modus baru tersebut bermula dari ditangkapnya dua orang kurir di dua tempat dan kasus berbeda.

Satu orang berinisial K diamankan di Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung. Dari tersangka K, polisi berhasil mengamankan 20 kilogram ganja kering. Sementara satu orang lagi berinisial HH diamankan di Kecamatan Rancaekek, dengan barang bukti 200 gram sabu.

"Keduanya beda kasus, jaringannya berbeda, tapi modus yang dilakukannya sama. Keduanya merupakan kurir," kata Hendra saat gelar perkara di Mapolresta Bandung, Jln. Bhayangkara, Soreang, Senin 10 Agustus 2020.

Baca Juga: Menag Lantik Lima Pejabat Eselon I yang Lulus Seleksi JPT

Modus pendistribusian yang dilakukan, kata Hendra terbilang baru, karena kurir tidak berhubungan langsung dengan pengirim dan penerima.

"Mereka (kurir) ini hanya disuruh mengambil dan menyimpan narkoba di tempat tertentu. Jika berhasil, maka akan mendapat upah. Rata-rata Rp1 juta sekali pengiriman," ungkapnya.

Hendra mencontohkan untuk kasus distribusi narkoba yang melibatkan K, tersangka mengambil ganja kering seberat 20 kilogram di sebuah halte di Kecamatan Arjasari. Sedangkan HH disuruh mengambil sabu seberat 200 gram ditempel di tumpukan batu di sebuah komplek perumahan di Kecamatan Rancaekek.

"Mereka disuruh oleh orang melalui telepon. Modusnya sama, ini untuk menyulitkan petugas menyusur bandarnya," paparnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x