Bupati : Aplikasikan Nilai Juang ’45 dalam Kehidupan Sehari-hari

- 10 Agustus 2020, 21:09 WIB
/

GALAMEDIA - Bupati Bandung H. Dadang M. Naser mengajak generasi muda di Kabupaten Bandung, untuk dapat mengambil hikmah dari perjuangan para pahlawan yang telah merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

“Kemerdekaan tidak didapatkan dengan gratis, para pendahulu kita telah berkorban tanpa pamrih, kerja keras, kerja cerdas mengusir penjajah. Saya mengajak anak-anak muda, mari kita sama-sama mengambil hikmah, aplikasikan nilai-nilai juang ’45 dalam perilaku hidup kita sehari-hari, dan dalam konteks mengisi kemerdekaan,” ujar Bupati Dadang Naser di sela-sela acara Peringatan Hari Veteran Nasional Tingkat Kabupaten Bandung di Gedung Juang Kecamatan Baleendah, Senin 10 Agustus 2020.

Lembaga Veteran RI (LVRI), yang turut melahirkan bangsa ini, ia harapkan mampu terus mewariskan nilai-nilai semangat juang ‘45, sebagai kekuatan energi sosial. “Inilah yang patut kita renungkan bersama. Banyak anak muda kita yang belum paham bagaimana nilai-nilai juang 45 yang terhimpun dalam Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika,” tuturnya.

Baca Juga: Bantu Siswa Ikuti Pembelajaran Secara Daring, Seluruh Koramil di Garut Sediakan Layanan Wifi Gratis

Hari veteran, dimaknai bupati sebagai momentum untuk menyadari betapa besarnya peran veteran, dalam perjalanan sejarah bangsa. “Kita melihat bagaimana para veteran menyumbangkan tenaganya secara aktif, atas dasar sukarela, bersama rakyat berjuang merebut, membela dan mempertahankan kemerdekaan,” urai bupati.

Saat ini, urai Dadang Naser, bangsa Indonesia dihadapkan dengan perang ideologi dan budaya. Pengaruh asing begitu gencarnya masuk, terutama di kalangan anak-anak muda sebagai generasi penerus.

“Kita harus terus mengingatkan kepada generasi penerus, bagaimana Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika harus menjadi karakter bangsa. Bukan sekedar berbeda tapi satu, namun bagaimana kekuatan sosial yang berbeda-beda ini, mampu membangkitkan Indonesia menjadi negara maju. Bersatu dalam perbedaan, berbeda dalam persatuan untuk kemajuan Indonesia,” kata Dadang Naser.

Baca Juga: Siap-siap Mulai Sabtu Depan, Sanksi Menanti Bagi Pelanggar Prokes

Bhinneka Tunggal Ika, lanjut Kang DN panggilan akrabnya, juga terkandung dalam nilai-nilai Sabilulungan sebagai motto pembangunan yang diemban selama masa kepemimpinannya. “Saya kira jiwa Sabilulungan itu yang mesti diterapkan oleh warga Kabupaten Bandung, untuk menjadikan wilayah kita lebih baik lagi di masa yang akan datang,” pungkas Kang DN.

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x