Doni Monardo : Carilah Sosok dan Tokoh Panutan yang Bisa Dipatuhi Masyarakat

- 10 Agustus 2020, 21:19 WIB
Doni Monardo
Doni Monardo /dok

GALAMEDIA - Pemerintah pusat meminta seluruh pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia, untuk terus mensosialisasikan disiplin protokol kesehatan Covid-19 kepada masyarakat.

Hal itu merujuk pada Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020, Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pusat Doni Monardo menyebut, pengetahuan masyarakat pada covid-19 bisa mencapai lebih dari 90 persen. Namun untuk tingkat kesadaran dan kepatuhan masyarakat pada aturan protokol covid-19, masih kurang dari 50 persen.

"Ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua, untuk membangun kesadaran kolektif dalam upaya memutus mata rantai penularan corona di tengah masyarakat," ungkap Doni Monardo pada acara Sosialisasi Penggunaan Masker, Cuci Tangan serta Jaga Jarak untuk Perubahan Perilaku Baru Masa Pandemi Covid-19 melalui Video Conference, yang berlangsung di Rumah Jabatan Bupati Bandung Dadang Naser, di Soreang, Senin 10 Agustus 2020.

Baca Juga: Bupati : Aplikasikan Nilai Juang ’45 dalam Kehidupan Sehari-hari

Sosialisasi ini melibatkan pula beberapa narasumber, di antaranya Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian dan Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pusat, Tri Suswati Tito Karnavian.

Pada kesempatan itu Doni mengimbau, sosialisasi di tingkat pemerintah daerah dapat menggunakan kearifan lokalnya. Kearifan lokal disini, imbuhnya, pemerintah daerah dapat memanfaatkan peran seorang tokoh yang menjadi panutan masyarakat.

"Gubernur, walikota atau bupati, bisa melibatkan peran sosok atau tokoh untuk membantu pemerintah daerah, dalam mensosialisasikan aturan protokol covid ini. Carilah orang non formal, di luar pemerintahan, yang setiap perkataan dan imbauannya langsung dipatuhi oleh masyarakat,” ucap Doni.

Doni berpendapat, sebagian masyarakat akan lebih patuh pada orangtuanya. Dalam hal ini peran seorang ibu, kata Doni menjadi sangat penting bagi buah hatinya. Tak hanya itu, ketika sang ibu aktif dalam organisasi PKK, dia pun bisa ikut mensosialisasikannya kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x