Abu Letusan Gunung Sinabung Diprediksi Masuk ke Ruang Udara Malaysia dan Aceh

- 10 Agustus 2020, 21:41 WIB
/faktualNews/

GALAMEDIA - Kantor Meteorologi Malaysia Kementrian Alam Sekitar dan Air memprediksi letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara pada Senin 10 Agustus 2020, pukul 11.37 pagi akan sampai ke ruang udara Malaysia.

Hal yang sama dikatakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Metrologi Sultan Iskandar Muda di Aceh Besar memprediksi debu vulkanik kemungkinan besar akan masuk ke wilayah Aceh.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Metrologi Aceh, Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Senin mengatakan, debu vulkanik erupsi gunung Sinabung Sumatera Utara juga terlihat atau terdeteksi bergerak ke arah barat dan barat laut.

Baca Juga: Erick Thohir Ingin Pelaksanaan Vaksinasi Massal Corona di Indonesia Dipercepat

"Jika dilihat dari pergerakan atau dengan memperhatikan pergerakan debu vulkanik ini maka ada empat daerah yang akan terkena dampak debu vulkanik dari gunung Sinabung tersebut,"kata Zakaria.

Ia mengatakan, empat daerah yang terdampak yaitu Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Aceh Selatan dan Aceh Barat Daya.

"Kepada masyarakat yang kemungkinan terpapar cemaran debu vulkanik tersebut, kami imbau agar jangan banyak keluar rumah dan ketika ada aktivitas diluar ruangan untuk selalu mengenakan masker,"katanya.

Baca Juga: Doni Monardo : Carilah Sosok dan Tokoh Panutan yang Bisa Dipatuhi Masyarakat

Dalam siaran persnya, Kantor Meteorologi Malaysia Kementrian Alam Sekitar dan Air menyebutkan, abu letusan gunung Sinabung bakal memasuki ruang udara Malaysia, pada Senin malam.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x