Gempa Terkini Bogor, Pusat Gempa di Kota Bogor, Begini Penjelasan Resmi dari Kepala BBMKG Hartanto

- 4 Mei 2023, 07:31 WIB
Ilustrasi Gempa terkini Bogor./fixabay/Tumisu
Ilustrasi Gempa terkini Bogor./fixabay/Tumisu /


GALAMEDIA NEWS -  Gempa terkini Bogor terjadi pa da Rabu, 03 Mei 2023 pukul 20:54:39 WIB, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan gempa tersebut termasuk gempa bumi tektonik.

Gempa terkini Bogor tersebut berdasarkan  hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,4. Episenter terletak pada koordinat 6.76 LS dan 106.70 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 km BaratDaya Kota Bogor Jawa Barat pada kedalaman 5 km.

Berdasarkan pengamatan, gempa terkini Bogor tersebut menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto menyatakan memperhatikan jenis dan mekanisme gempa bumi, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

Baca Juga: Ridwan Kamil Bawa Kearifan Lokal Kampung Cieundeur ke Forum PBB, Saat Bicara Manajemen Gempa Cianjur

Hartanto juga menyebutkan dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Caringin, Cibadak, Cimanggu, dan Cicurug dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Di Sukabumi, Bogor, dan Pelabuhan Ratu dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Dari pengamatan BMKG, gempabumi susulan hingga pukul 21:20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Atas kejadian gempa tersebut, BMKG merekomendasikan kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Liverpool vs Fulham di Liga Inggris, Kick-Off Mulai Pukul 02.00 WIB

Halaman:

Editor: Ryan Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x