Bangunan Kuno Batu Bata Bersusun Ditemukan di Proyek Pembangunan Stasiun Utama Bekasi

- 11 Agustus 2020, 15:43 WIB
Benda dalam bentuk bata merah dan jendela kayu itu akan segera diteliti untuk menentukan nilai sejarahnya.
Benda dalam bentuk bata merah dan jendela kayu itu akan segera diteliti untuk menentukan nilai sejarahnya. /Instagram/Ali Anwar


GALAMEDIA - Bangunan tua yang diduga bersejarah ditemukan di bawah proyek pembangunan Stasiun Utama Bekasi, Jawa Barat. Bangunan berupa susunan batu bata yang ditengarai merupakan sebuah lorong.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan bangunan tersebut ditemukan saat penggalian dilakukan untuk pembangunan jalur ganda (double track).

"Saat penggalian tanah untuk double track di dalam tanah tersebut didapati penataan batu bata lama yang membentuk lorong akan tetapi sudah terisi tanah," kata Rahmat di akun instagramnya, @bangpepen03, Selasa 11 Agustus 2020.

Baca Juga: Kalah Cepat dari Negara Maju, Bill Gates Prediksi Indonesia Baru Bisa Basmi Covid-19 di Tahun 2022

Sementara dari gudang yang ada ditemukan sebuah jendela berukuran besar.

"Ditemukannya benda lama seperti jendela besar, yang ditemukan saat bongkar gudang," ujarnya.

Ia pun mengatakan akan berkoordinasi dengan sejarawan dan Dinas Pariwisata dan Budaya Bekasi untuk menelusuri bekas bangunan bersejarah tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Stasiun Utama Bekasi yang sedang kini dalam tahap pembangunan, pada hari ini saya bersama Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Bekasi meninjau ke tempat itu. Karena mendapati laporan, ada diketemukannya benda lama seperti jendela besar, yang ditemuka saat bongkar gudang. Kedua, saat penggalian tanah untuk double Track, di dalam tanah tersebut didapati penataan batu bata lama yang membentuk lorong akan tetapi sudah terisi tanah. @ali.anwar.3950 selaku sejarahwan bekasi akan berkoordinasi dengan @disparbudbekasi untuk menentukan titik penempatan jendela tersebut yang sudah lama, dan akan menelusuri bentuk batu bata tersebut yang berada di bawah tanah. Kira kira apa ya hasil penelusuran nanti? #stasiun #doubletrack #kotabekasi #bendalama #sejarah #keretaapi

A post shared by Rahmat Effendi (@bangpepen03) on

Rahmat mengatakan jika memang ada unsur sejarahnya, maka bangunan itu bisa diberdayakan dan diabadikan.

"Usai diuruk tanahnya kita bisa melihat bahwa temuan tersebut seperti lorong menuju seberang, bisa diartikan dahulu pada jaman penjajahan untuk air atau jembatan manusia," kata Rahmat dalam keterangan tertulis Pemkot Bekasi.

Menurutnya Bekasi adalah kota bersejarah. Dahulu ada jembatan sasak yang menghubungkan alun-alun ke pasar proyek tersebut.

Baca Juga: Update Hari Ini Pasien Positif Bertambah 1.693 Orang, Total Kasus Covid-19 di Indonesia 128.776

"Temuan benda ini juga pasti ada nilai sejarahnya, nantinya akan ditelusuri oleh sejarawan dan Disparbud untuk dipastikan" kata Rahmat.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x