ARS Hackathon 2020: Tantang Anak Muda Berinovasi dan Berikan Solusi IoT

- 11 Agustus 2020, 18:49 WIB
Wakil Rektor Non Akdemik ARS University Maxsi Ary, saat memberikan Piala dan cinderamata bagi Juara satu untuk kategori Pelajar, Antapani Bandung, Senin 10 Agustus 2020.
Wakil Rektor Non Akdemik ARS University Maxsi Ary, saat memberikan Piala dan cinderamata bagi Juara satu untuk kategori Pelajar, Antapani Bandung, Senin 10 Agustus 2020. /

GALAMEDIA - Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya (ARS University) kembali
menggelar kegiatan yang dapat menggugah anak muda untuk mengembangkan kreativitas dan dibarengi dengan solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada.

Kegiatan ini bertajuk “ARS Hackathon 202” ini menggandeng Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Perkembangan teknologi informasi (IT) saat ini kian cepat, tentunya juga harus mampu mewujudkan sebuah kawasan cerdas (smart city), yang didukung oleh pemanfaatan Internet of Things (IoT) guna memudahkan kesinambungan hubungan antar manusia.

Baca Juga: Ingin Majukan Sepakbola, Lord Atep Maju di Pilkada Kabupaten Bandung 2020

Hal itu diungkapkan Rektor ARS University Dr. H. Purwadhi MPd., usai penyerahan hadiah untuk para pemenang dikampusnya, Jln. Sekolah Internasional Antapni Bandung, Senin 10 Agustus 2020.

Menurutnya, saat ini kegiatan ini yang digawangi oleh Fakultas Teknologi Informasi ARS University dengan ide-de dan gagasan yang brilian yakni dengan tema ARS Hackathon.

Hal tersebut, yakni sebuah program perlombaan yang bertujuan guna menciptakan solusi yang dibarengi dengan inovasi dalam pemanfaatan IoT untuk mendukung dan terwujudnya smart city.

Baca Juga: Ilmuwan Rusia Temukan Cara Mudah Membunuh Virus Corona

“Ya, tentunya dalam tersebut, menggali ide-ide dari peserta yang mayoritas anak muda ini, yang dikombinasikan dengan Platform Antares yang kini telah di punyai oleh Telkom Indonesia. Kami, telah mendapat dukungan yang sangat luar biasa dari perusahaan Telkom Indonesia ini,” katanya.

Hal yang sama dikatakan Wakil Rektor Bidang Kerjasama ARS University Wiseto Agung.

Disebutkan,  kegiatan ARS Hackathon 2020 ini, memperlombakan dua kategori peserta yakni Kategori Tingkat SMK/SMA atau pelajar, dan Kategori Tingkat Umum.

Baca Juga: Pertama di Dunia, Vaksin Covid-19 asal Rusia Telah Disetujui

Untuk para Juri  merupakan tokoh yang berkompeten di bidangnya masing-masing seperti, Chairman of IoT Association Indonesia, Ir. Teguh Prasetya, MWP MT, Director of IoT Centre Telkom University Dr Muhammad Ary Murti, Manager IoT Platform Development Telkom ANTARES Ibnu Ali Nursafa, serta Ketua Program Studi Teknik Informatika ARS University Yudi Ramdhani, ST MKom.

“Kami telah memilih dan memilah seluruh peserta dan akhirnya pemenang dikategorinya masing-masing. Untuk kategori Pelajar, kompetisi ini dimenangkan oleh Team dari SMA Unggulan CT ARSA dengan Tema E-City yang sekaligus mendapatkan beasiswa 100 persen untuk kuliah di ARS University,” jelasnya.

Sedangkan untuk kategori Umum, juara I diraih oleh Laurensius Dede Suhardiman dengan tema Mitigasi Bencana, lalu disusul peringkat II yakni Tim Electrica dengan tema P2P Energy Trading, serta untuk peringkat III diraih oleh Tim Ant-RI dengan tema Pariwisata.

Baca Juga: Menhan Prabowo Subianto Buka Pendaftaran Rekrutmen Komcad untuk 25 Ribu Orang, Ini Persyaratannya

“Kami berharap kegiatan ini kedepan, bisa menjadi agenda tahunan bagi anak muda yang berjiwa kraetif yang punya ide dan gagasan Smart. Tentunya kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bandung yang memberikan Piala bagi para Juara Pertama di masing-masing kategori,” paparnya.

Dalam kegiatan ini juga digelar Launching Smart Kampus yang digagas
oleh tim IoT ARS University dengan alat yang meliputi Smart Parking, Smart Trash, Musical Stairs, Smart Class, Smoke Detector dan Smart Table anti Covid-19.

“Kami menggelar kegiatan ini, juga sebagai ajang untuk kegiatan anak muda yang punya kreatifitas dan mngisinya dengan kegiatan-kegiatan yang positif di masa pandemi corona (Covid-19),” pungkasnya. (Krisbianto)***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x