Jabar Paling Rawan Penularan Covid-19  di Indonesia

- 11 Agustus 2020, 19:22 WIB
Presiden Joko Widodo. (Foto: Elie Siti Wasliah) /

 

GALAMEDIA - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar sekaligus Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan Jabar merupakan provinsi paling rawan dalam penularan Covid-19 dengan jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa.

Namun, kekompakan semua pihak mampu membuat jumlah kasus di Provinsi Jabar berada di urutan kelima dari 34 provinsi di Indonesia. "Hingga saat ini kasus aktif tinggal 2.927 orang, yang sembuh sudah 4.444 orang," kata Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil rapat koordinasi bersama Presiden di Makodam III/Siliwangi di Kota Bandung, Selasa 11 Agustus 2020.

Usai menggelar rapat koordinasi di Makodam III/Siliwangi, Emil turut mendampingi Presiden Joko Widodo dan rombongan antara lain Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung untuk meninjau BUMN PT Bio Farma. Setelah itu, rombongan juga meninjau uji klinis fase 3 vaksin Sinovac asal China kepada 25 relawan di RSP Unpad.

Baca Juga: Kirab Pusaka untuk Rayakan Tahun Baru Jawa di Istana Mangkunegaran Ditiadakan

Sementara itu, dalam arahannya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi penanganan Covid-19 di Jabar yang dinilai terkendali. Dari laporan level kewaspadaan periode 3 hingga 9 Agustus 2020, tidak ada lagi Zona Merah atau daerah Risiko Tinggi di Jabar.

Rinciannya, pada periode tersebut, 14 kabupaten/kota termasuk ke dalam Zona Oranye (Risiko Sedang) dan 13 kabupaten/kota masuk Zona Kuning (Risiko Rendah). Sementara di level kecamatan, hingga 5 Agustus lalu, terdapat 228 kecamatan atau sekitar 36 persen merupakan Zona Hijau.

Pun meski masih terdapat kenaikan kasus terkonfirmasi di sejumlah daerah, rata-rata angka Reproduksi Efektif (Rt) Covid-19 di Jabar pada 28 Juli hingga 9 Agustus berada di angka 0,86.

Baca Juga: Jadwal Acara INDOSIAR dan SCTV, 12 Agustus 2020: UEFA Europa League dan Legend of The Blue Sea

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X