Hadapi 'Keberingasan' Trump, Joe Biden Gaet Perempuan Keturunan Asia sebagai Cawapres

- 12 Agustus 2020, 09:31 WIB
Kamala Harris. (getty images)
Kamala Harris. (getty images) /

GALAMEDIA - Setelah menempuh sejumlah tahapan, kandidat presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden akhirnya memilih Senator Kamala Harris sebagai pasangannya dalam Pilpres AS 2020.

Harris merupakan perempuan kulit hitam dan keturunan Asia pertama yang bertarung dalam Pilpres AS sebagai calon wakil presiden. Ia adalah Senator California keturunan India-Jamaika.

Wanita berambut sebahu ini telah lama dianggap sebagai kandidat yang paling diunggulkan untuk mengisi posisi calon wakil presiden AS.

Baca Juga: 520 Orang Tewas, Japan Airlines Jatuh di Pegunungan Takamagahara pada 12 Agustus 1985

Bahkan, mantan Jaksa Agung California tersebut dikenal sebagai sosok yang gencar menyerukan reformasi kepolisian di tengah protes anti-rasisme.

Berbekal pandangan politik dan pengaruhnya, dia akan mendampingi Joe Biden dalam menghadapi "keberingasan" calon petahana Donald Trump, pada pemilihan presiden, 3 November mendatang.

Setelah dipilih, Harris dijadwalkan melakukan debat terbuka dengan pasangan Trump, yaitu Mike Pence, pada 7 Oktober mendatang di Salt Lake City, Utah. Adapun Mike Pence saat ini masih menjabat sebagai wakil presiden.

Baca Juga: Anggota KPU Tewas Usai Diserang Pria Berambut Gimbal

Lalu siap Kamala Harris? Perempuan berusia 55 tahun ini hengkang dari persaingan bakal kandidat presiden pada Desember 2019 lalu.

Dia sempat berselisih dengan Biden dalam debat internal Partai Demokrat, terutama perihal hubungan kerja sama Biden dengan sejumlah mantan senator yang memilih segregasi ras.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x