Canggih Nih, Bali Bakal Punya Kereta Api Tanpa Rel

- 12 Agustus 2020, 10:30 WIB
Ilustrasi-Kereta api tanpa rel. (YouTube)
Ilustrasi-Kereta api tanpa rel. (YouTube) /

GALAMEDIA - Bali sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia bakal memiliki moda transportasi canggih. Saat ini, pemerintah setempat bersama dengan PT KAI (Persero) dan swasta tengah mengkaji rencana pembangunan kereta api tanpa rel (Autonomous Rail Rapid Transit/ART).

Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo mengatakan, pembangunan tersebut diinisiasi oleh Pemprov Bali. Tujuan moda transportasi itu adalah untuk kepentingan pariwisata.

Ia menyatakan, saat ini rencana itu masih dalam proses desain. Nantinya, ART akan dibangun dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali menuju daerah Sanur untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan.

Baca Juga: Jaksa Cantik Pinangki Jadi Tersangka, Diduga Terima Suap dari Djoko Tjandra

Didiek menyebut, pembangunan kereta api tanpa rel itu sudah masuk ke dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024.

"Memang sudah ada pembicaraan antara PT KAI dan Pemprov Bali, merencanakan pembangunan kereta api dari airport ke Sanur. (Kami) sedang melakukan kajian dengan pemerintah daerah dan investor," kata Didiek.

Diterangkan dia, ART menjadi transportasi massal paling tepat karena dapat dioperasikan di atas jalan raya dengan menggunakan sistem signal. Selain itu, investasi pun lebih murah dibanding pembangunan kereta api rel.

Baca Juga: Iwan Fals, Syahrini, dan Noah Bakal Meriahkan HUT 30 SCTV

"Secara investasi lebih murah dan cepat eksekusinya," katanya seperti dilansir dari wartaekonomi.co.id, Rabu, 12 Agustus 2020.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x