Gelombang Tinggi di Pantai Selatan Tasikmalaya, Polisi Minta Nelayan dan Wisatawan Berhati-hati

- 12 Agustus 2020, 11:51 WIB
 Personil Polairud Polres Tasikmalaya ajak nelayan untuk berhati-hati melaut karena gelombang tinggi serta ajak tetap laksanakan protokol kesehatan. (Foto: Septian Darnadi/galamedianews)**
Personil Polairud Polres Tasikmalaya ajak nelayan untuk berhati-hati melaut karena gelombang tinggi serta ajak tetap laksanakan protokol kesehatan. (Foto: Septian Darnadi/galamedianews)** /



GALAMEDIA - Potensi gelombang tinggi di wilayah sepanjang pantai selatan diperkirakan terjadi pada sepekan ini. Bahkan cuaca yang mebgakibatkan gelombang tinggi bisa terjadi kapan saja sepanjang musim kemarau dingin ini.

Guna antisipasi terjadi terjangan gelombang tinggi nelayan diimbau agar berhari-hati saat hendak melaut. Selain itu, kapal atau perahu nelayan yang diparkir di pesisir pantai serta alat tangkapnya agar di evakuasi ke lokasi yang dinilai aman.

Kasat Polairud Polres Tasikmalaya AKP Qomarudin mengajak para nelayan maupun warga sekitar pantai Tasikmalaya Selatan agar waspada dengan cuaca saat ini. Pasalnya gelombang tinggi bisa saja terjadi kapan saja. Sehingga pihaknya terus melakukan tatap muka kepada warga pesisir maupun nelayan. Untuk memberikan arahan agar berhati-hati jika akan melaut.

Baca Juga: Jaksa Pinangki Jadi Tersangka, Aset Tanahnya Tersebar di Bogor dan Jakarta

Kondisi saat ini, pantai selatan terjadi gelombang tinggi, sehingga rawan bahaya jika nelayan melakukan penangkapan ikan di laut.

"Kami sudah wanti - wanti kepada para nelayan, agar menjalankan aktifitas melaut dengan memperhatikan bahaya akibat gelombang tinggi. Selain itu juga kepada para pengelola lokasi wisata," katanya saat melakukan tatap muka dengan para nelayan," Rabu 12 Agustus 2020.

Qomarudin juga mengimbau, wisatawan yang hendak berkunjung ke pantai diimbau untuk tidak bermain di bibir pantai untuk sementara waktu.

Sebab dikhawatirkan ini akan ada peningkatan gelombang di perairan selatan Tasikmalaya antara dikisaran 4 sampai 6 meter atau kategori tinggi.

Baca Juga: Di pantai Ini, Gerombolan Monyet Bebas Berkeliaran dan Wisatawan Dilarang Pertontonkan Aurat

"Mudah-mudahan tidak ada sesuatu tidak terjadi yang tidak diinginkan," katanya.

Tokoh Nelayan Desa Cipatujah Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, Mansur mengaku, nelayan Pantai Selatan Tasikmalaya sudah terniasa dengan kondisi ombak yang sesekali meninggi. Sehingga nelayan selalu berhati-hati saat menjalankan tugasnya menangkap ikan.

Memang dalam beberapa hari ini di sepanjang pantai Tasikmalaya Selatan terjadi gelombang naik dan meninggi dan diperkirakan ketinggian gelombang bisa mencapai 4 sampai 6 meter.

Ia berharap, tidak terjadi sesuatu apapun meski cuaca buruk untuk melaut. Selain itu, berharap tangkapan melimpah dan bisa mendapatkan uang lebih banyak dari penjualan hasil tangkapan ikan tersebut.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x