Meraih Tiket Surga Dengan Membaca Al-Qur’an

- 12 Agustus 2020, 16:27 WIB
Ilustrasi membaca Al-Quran. /Pexels

GALAMEDIA - Al-qur’an merupakan wahyu-wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, dan disampaikan melalui malaikat Jibril selama 22 tahun 2 bulan 22 hari secara berangsur angsur. Yang menjadi sebuah pedoman kehidupan umat muslim, dengan menghidupkan hati dan menentramkan jiwa sehingga bisa mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya yang diridhoi Allah Swt.

Nabi memerintahkan umatnya untuk senantiasa membaca Al-qur’an, karena hal itu termasuk dalam bentuk mengimani kitab-kitab Allah. Pahala dalam membaca Al-qur’an itu banyak sekali, seperti dalam sabda Nabi :

Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka dia akan mendapat satu kebaikan, sedangkan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidaj mengatakan bahwa (alif lam mim) adalah satu huruf. Akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim juga satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi dari Abdullah bin Mas’ud, dan ini hadist shahih).

Baca Juga: BREAKING NEWS: Jerinx SID Jadi Tersangka, Langsung Dijebloskan ke Sel Tahanan Polda Bali

Maka dari itu para ulama mengamalkannya secara rutin baik ketika shalat maupun setelah shalat, ketika waktu luang meskipun sebentar saja dan hal itu dianggap sebagai amal harian. Membaca Al-qur’an merupakan salah satu tiket mengantarkan kita ke surganya Allah Swt.

Keutamaan – keutamaan membaca Al-qur’an
Al-qur’an merupakan sumber dari segala sumber hukum islam, tuntunan kehidupan agar menjadi hamba yang dicintai Allah. Jika ingin memperoleh kebaikan dunia dan akhirat hendaknya rajin dan bersungguh-sungguh dalam membaca dan mengamalkannya.

Allah berfirman :
Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka mengaharapkanperniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha mensyukuri.” (QS. Faathir : 29).

Baca Juga: Palestina Kian Panas: Israel Tutup Jalur Gaza, Penghancuran Bangunan Warga Kian Menjadi-jadi

Berikut ini merupakan beberapa keutamaan membaca:

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X