Ingat, Komite Sekolah Kunci Jaga Mutu Pendidikan

- 12 Agustus 2020, 17:21 WIB
 Siswa SMPN 3 Lembang sedang berwudlu menjelang Salat Jumat di aula terbuka sekolah, Jumat (8/2/2019).
Siswa SMPN 3 Lembang sedang berwudlu menjelang Salat Jumat di aula terbuka sekolah, Jumat (8/2/2019). /


GALAMEDIA - Kunci untuk menjaga mutu pendidikan di sekolah di antaranya adanya peran komite sekolah, khususnya yang menyangkut biaya pendidikan. Biaya pendidikan memang menjadi salah satu alat agar proses pendidikan dan kegiatan belajar mengajar (KBM) bisa berlangsung.

"Biaya pendidikan memang sangat dibutuhkan untuk menjaga mutu pendidikan. Saat ini, ada kebijakan pemerintah untuk menggratiskan iuran bulanan siswa melalui bantuan operasional pendidikan daerah (BOPD)," kata Ketua Komite SMAN 9 Kota Bandung, R. Erwienn Permadhie Wiradipoetra, Rabu 12 Agustus 2020.

Menurutnya, anggaran BOPD hanya untuk operasional. Sementara dalam biaya pendidikan ada biaya personal, operasional, dan biaya investasi.

Baca Juga: PKS Sengaja 'Disingkirkan' di Pilkada Kabupaten Bandung? Begini Reaksi Tim Pemenangan

"Oke, biaya operasional siswa terpenuhi dari BOPD. Bagaimana biaya investasi? Inilah yang harus dikomunikasikan antara sekolah dan orangtua siswa. Komunikasi ini dijalankan oleh komite sesuai dengan peran dan fungsi komite sekolah, salah satunya membantu sekolah dalam urusan biaya pendidikan," kata Erwin.

Sesuai aturan, lanjutnya, Komite Sekolah memiliki peran untuk mengomunikasikan hal ini dengan orangtua. Tapi kalau pun ada kebutuhan anggaran sekolah untuk biaya investasi, seperti untuk sarana prasarana sekolah maka sifatnya harus sumbangan.

Yang namanya sumbangan, kata Erwin harus bersifat sukarela, tidak ditentukan jumlah dan waktunya, dan tanpa paksaan. Kebutuhan anggaran tersebut harus didiskusikan dan disepakati bersama, termasuk orangtua siswa.

Baca Juga: Dompet Dhuafa Jabar dan BAZMA Asset 3 Pertamina Gulirkan Program Pelatihan Menjahit

"Hal ini dibolehkan secara aturan. Makanya kuncinya ada di komite sekolah," tegas Erwin.

Ia menambahkan untuk menjaga mutu pendidikan dan melaksanakan program, setiap sekolah memiliki target. Untuk menjalankannya dibutuhkan dukungan dana.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x