Heboh Peta Covid-19 DKI Jakarta Masuk Zona Hitam Berlogo BIN

- 12 Agustus 2020, 20:28 WIB
Logo Badan Intelijen Negara (BIN). Dok. BIN /

GALAMEDIA - Masyarakat dihebohkan dengan beredarnya peta kondisi Covid-19 (virus corona) yang menggambarkan DKI Jakarta masuk zona hitam. Soalnya pada sisi kanan gambar tersebut tertera logo Badan Intelijen Negara (BIN).

Dalam gambar itu disebutkan jumlah kasus aktif di setiap kota administrasi DKI Jakarta berada di atas 1.000. Hanya kota administrasi Kepulauan Seribu saia yang jumlahnya hanya 14.

Terkait hal tersebut BIN langsung merespons. Direktur Komunikasi dan Informasi BIN, Wawan Purwanto membantah mengeluarkan gambar peta DKI Jakarta masuk zona hitam Covid-19.

Baca Juga: Menteri Tenaga Kerja Rilis Daftar 30 Pekerjaan yang Dibutuhkan di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

"Hoax," kata Wawan kepada wartawan, Rabu 12 Agustus 2020.

Ia menyebutkan data tersebut bukan berasal dari lembaganya. Pihaknya pun kini tengah menelusuri oknum yang menyebarkan foto dengan logo BIN tersebut untuk ditindaklanjuti.

"Kami sedang selidiki itu data punya siapa," kata Wawan.

Gambar hoaks peta Covid-19 DKI Jakarta masuk zona hitam.
Gambar hoaks peta Covid-19 DKI Jakarta masuk zona hitam.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit DKI Jakarta, Dwi Oktavia memaparkan, pihaknya telah melakukan tes PCR sebanyak 4.936 spesimen. Dari jumlah tes tersebut, sebanyak 4.117 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 578 positif dan 3.539 negatif.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X