Lebih Tahu Kondisi dan Kebutuhan di Daerah, Disdik Akan Optimalkan Peran Cadisdik

- 12 Agustus 2020, 21:20 WIB
Kadisdik Jabar, Dedi Supandi.
Kadisdik Jabar, Dedi Supandi. /

GALAMEDIA - Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar berkomitmen mengoptimalkan peran Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) sebagai perpanjangan tangan Disdik Jabar di level daerah. Salah satunya, mengupayakan desentralisasi anggaran.

"Anggaran pada Cadisdik nantinya akan digelontorkan ke cabang dinas langsung," ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi pada rapat koordinasi di Hotel Mercure Karawang, Jalan Galuh Mas Raya, Teluk Jambe, Karawang, Rabu 12 Agustus 2020.

Dalam siaran persnya, Dedi menerangkan, desentralisasi ini penting sebab Cadisdik lebih tahu kondisi dan kebutuhan satuan pendidikan di tiap-tiap daerah. Hal itu pun diharapkan mampu memaksimalkan peran pengawasan Cadisdik untuk satuan pendidikan.

"Kita berharap rentang kebijakan semakin dekat," ujar Dedi.

Baca Juga: Begini Cara Ngecek Dapat Bantuan Rp 2,4 Juta Bagi Pegawai Bergaji di Bawah Rp 5 Juta

Dalam kesempatan tersebut, sebanyak 44 peserta yang terdiri dari perwakilan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan perwakilan pengawas di Cadisdikwil IV mengikuti rakor.

Menurut Dedi, tujuan pertemuan ini untuk menggali masalah sekaligus menampung aspirasi dari seluruh elemen pelayanan pendidikan di Cadisdikwil IV. Melalui pertemuan tersebut, pihaknya ingin memetakan sejumlah permasalahan yang ada.

Ada sekitar tujuh aspirasi yang muncul. Antara lain terkait promosi, rotasi, dan mutasi kepala sekolah dan kasubag TU sekolah, pembiayaan pendidikan yang berkaitan dengan tunjangan honorer dan Biaya Operasional Pendidikan Daerah (BOPD) serta pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemi.

"Hasil dari pertemuan ini akan kita jadikan bahan dan kita coba menyelesaikan masalahnya langsung ke titik lokasi," tegas Dedi.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x