Bakal Perjuangan Paket Data untuk Pelajar, Nadiem Makarim: Saya Enggak Bisa Janji

- 12 Agustus 2020, 23:56 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim /dok

 

GALAMEDIA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyatakan bakal terus memperjuangkan ketersediaan akses paket data internet dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Meski begitu, ia tidak bisa menjanjikan hal tersebut.

"Kita perjuangkan terus dan akan terus memberikan dukungan untuk membantu dalam aspek paket data (internet). Kita juga sedang berdiskusi dengan operator telekomunikasi untuk mencapai hal itu," kata Nadiem di acara webinar 'JakPost Up Close #9: Educating the nation: 2020-2025', Rabu 12 Agustus 2020.

"Jadi semoga saja. Saya enggak bisa berjanji apa pun, tapi itu sesuatu yang kita akan perjuangkan," sambungnya.

Nadiem berbicara soal memperjuangkan paket data ini karena mendapat pertanyaan apakah pemerintah tetap akan mengembangkan pembelajaran jarak jauh saat sekolah sudah dibuka dan apakah bakal menyediakan fasilitas untuk siswa.

Nadiem juga mengatakan ketersediaan akses paket data terkait PJJ adalah sesuatu yang sedang diperjuangkannya di kementerian. Menurutnya, anggaran di Kemendikbud banyak yang direalokasikan guna penanganan Covid-19 dan mendukung PJJ.

"Ini merupakan sesuatu yang sedang saya perjuangkan. Jadi kita banyak merealokasi semua anggaran di kementerian untuk terkait COVID ini dan mendukung pembelajaran jarak jauh," ucap Nadiem.

Nadiem mengungkapkan banyak orang tua mengeluhkan biaya terkait paket data di masa pandemi ini. Khususnya bagi keluarga yang memiliki anak lebih dari satu.

"Saya pikir ungkapan yang sering kita dengar biaya paket data itu membuat dampak yang signifikan bagi orang tua. Khususnya yang anaknya lebih dari satu. Dan itu sesuatu yang akan saya perjuangkan," tutur Nadiem.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X