Langgar Aturan Lawan Bisa Menang Otomatis, Horor Protokol Covid-19 Babak 8 Besar Liga Champions

- 13 Agustus 2020, 10:04 WIB
Liga Champions 2020-2021 akan mempertandingkan Krasnodar vs Chelsea yang disiarkan langsung SCTV dan Vidio.com, pukul 00.55 WIB.
Liga Champions 2020-2021 akan mempertandingkan Krasnodar vs Chelsea yang disiarkan langsung SCTV dan Vidio.com, pukul 00.55 WIB. /instagram.com/chelseafc/

GALAMEDIANEWS - Pekan ini Lisbon, Portugal bakal menggelar turnamen mini  Liga Champions yang melibatkan delapan klub elite Eropa. Berlangsung di tengah pandemi mulai Kamis sisa pertandingan bersistem gugur di tempat yang dianggap netral ini bakal menerapkan sejumlah aturan.

Apa saja dan seperti apa perubahannya? Berikut kompilasi Galamedianews dari DailyMaiSport, Kamis (13 Agustus 2020):

Akomodasi

Layaknya tim internasional di Piala Dunia atau kejuaraan Eropa, setiap skuad sudah mendapat alokasi hotel dan area pelatihan yang terpisah dari tim lainnya. Tapi ini bukan kunjungan hotel biasa.

Untuk mencegah penyebaran virus yang potensial, pemain tidak diperbolehkan meninggalkan hotel kecuali telah disetujui sebelumnya oleh klub. Itu berarti tidak ada jalan-jalan makan siang atau perjalanan ke toko untuk hal-hal penting di menit-menit terakhir.

Untuk klub yang bertahan di Lisbon untuk waktu lebih lama, seperti dua tim yang bermain di final pada 23 Agustus, kunjungan singkat di luar hotel diperbolehkan tetapi aturan jarak sosial harus dipatuhi.

Di dalam hotel, pemain tidur sendiri alias tidak ada teman sekamar atau kemungkinan obrolan larut malam. Para pemain, pelatih, dan staf memiliki area makan yang ditentukan di dalam hotel, tetapi makanan harus disediakan oleh tim nutrisi klub.

Baca Juga: Kejari Bandung Musnahkan Ribuan Gram Sabu dan Ganja

Makanan juga tidak bisa diberikan langsung kepada para pemain dan pelatih, tapi disimpan di atas meja dan diambil sendiri oleh para pemain. Pemain pun tidak bisa mencuci piring setelah makan karena semua harus dilakukan staf hotel. Sedangkan semua laundry dikerjakan staf tim,  bukan staf hotel atau pemain sendiri.

Tes Covid-19

Tim yang tampil di turnamen mini Liga Champions wajib menjalani tes virus corona setiap kali menghadapi pertandingan untuk memastikan mereka tidak menyebarkan virus di lapangan. Setiap tim juga mengikuti tes Covid-19 sebelum terbang ke Lisbon dan kembali menjalani tes saat mereka tiba di ibu kota Portugal ini.

Tes lain dilakukan sehari sebelum setiap pertandingan dan hasilnya harus dipresentasikan pada UEFA enam jam sebelum kick-off. Ada juga pemeriksaan suhu dan tes Covid-19 yang lebih mendasar saat pemain memasuki stadion pada hari pertandingan.

Jika pemain dinyatakan positif dalam salah satu tes seperti duo Atletico Madrid Angel Correa dan Sime Vrsaljko, maka mereka tidak bisa menjadi bagian dari skuad di hari pertandingan dan wajib  segera diisolasi.

Baca Juga: Catat !!! Gunakan Masker Tidak Akan Menyebabkan Keracunan Karbondioksida

Tim harus memiliki setidaknya 13 pemain yang siap diturunkan untuk setiap pertandingan termasuk satu penjaga gawang. Jika salah satu tim tidak dapat memenuhi persyaratan ini, tim lainnya otomatis mendapatkan kemenangan otomatis 3-0. Jika kedua tim sama-sama tidak bisa memastikan 13 pemain  maka UEFA akan mengatur ulang pertandingan.

Air minum

Tim mendapat sejumlah suplemen hidrasi dari  UEFA sehingga pemain tidak akan menyebarkan virus selama sesi latihan dan pertandingan. Setiap klub  mendapat alokasi 210 botol air untuk digunakan per hari, 90 botol Gatorade dan 50 kg es. Di dalam stadion setiap klub harus menyediakan makanan  sendiri sebelum dan sesudah pertandingan dan harus sesuai dengan peraturan kebersihan.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Daily Mail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x