Menteri Perdagangan Blusukan ke Pasar Atas Baru Cimahi, Ini Kesannya

- 13 Agustus 2020, 13:29 WIB
  Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto kunjungi kerja ke Pasar Atas Baru (PAB) Kota Cimahi, Kamis, 13 Agustus 2020. (Laksmi Sri Sundari)
Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto kunjungi kerja ke Pasar Atas Baru (PAB) Kota Cimahi, Kamis, 13 Agustus 2020. (Laksmi Sri Sundari) /



GALAMEDIA - Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto melakukan kunjungan kerja ke Pasar Atas Baru (PAB) Kota Cimahi, Kamis, 13 Agustus 2020. Agus melihat langsung aktivitas pasar di saat kondisi new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Dalam kunjungan tersebut, Agus yang mengenakan baju dan celana putih ini didampingi Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, dan Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna.

Agus tiba di PAB sekitar pukul 09.30 WIB. Sebelum memasuki area pasar, Agus terlebih dahulu memberikan bantuan masker dan Alat Pelindung Diri (APD) kepada pengurus pasar dan warga.

Baca Juga: Jerinx SID Ditahan, Tak Disangka Nikita Mirzani Beri Pesan Ini untuk Nora Alexandra

Rombongan kemudian bergerak menuju lantai dua, dimana lokasi kios berbagai macam kebutuhan masyarakat dijual disini. Mereka mendatangi satu per satu kios yang ada di PAB.

Kios sayuran yang pertama dikunjungi, selanjutnya kios pedagang daging ayam dan sapi, dilanjutkan ke kios beras. Agus sempat berbincang dengan sejumlah pedagang, terutama soal penerapan protokol kesehatan.

Menurut Agus, kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19 akan menunjang sektor perekonomian.

Baca Juga: Duh, 3 Dokter dan 6 Perawat RSUD Sumedang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Artinya, dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak hingga mencuci tangan, maka akan mencegah penularan virus korona, sehingga kegiatan ekonomi bisa terus berjalan.

"Kalau kita mematuhi atau disiplin dengan protokol kesehatan, semua kegiatan-kegiatan pedagang atau perekonomian akan berjalan dengan baik," katanya.

Disebutkan Agus, Pasar Atas Baru di Kota Cimahi ini merupakan salah satu contoh pusat kegiatan perekonomian yang sudah menerapkan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah ditengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Untuk Buka RSUD Cibabat, Ajay: Tunggu Hasil Swab

Berdasarkan hasil pantauannya, semua pedagang dan pembeli di Pasar Atas Baru sudah memakai masker dan menjaga jarak dengan baik. Selain itu untuk mencegah kerumunan, pintu masuk dan keluar area pasar dibuat terpisah.

"Di sini sudah baik. Semuanya saya lihat yang ada di pasar atas ini memakai masker, sarung tangan, pembatas penjual pembeli dengan plastik yang membuat pembeli dan penjual nyaman. Mudah-mudahan diikuti pasar-pasar lain," imbuh Agus.

Pihaknya, kata Agus, akan terus menggerakan pemakaian masker sesuai intruksi Presiden Joko Widodo. "Ini adalah gerakan masker untuk melindungi kita semua baik pedagang pasar, pelaku usaha maupun pengelola pasar serta para pembeli," pungkasnya.

Baca Juga: Musim Haji Tahun Depan, Biaya Perjalanan Ada Kemungkinan Membengkak Akibat Pandemi Covid-19

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menambahkan, protokol kesehatan wajib diterapkan di pasar tradisional. Sebab, pasar merupakan salah satu tempat yang dianggap rentan penularan virus korona karena banyak orang berkumpul.

"Oleh karena itu protokol kesehatan wajib hukumnya menurut pemerintah untuk dilaksanakan. Kalau tidak rentan karena banyak orang," ujar Uu.

Selain itu, dirinya mengimbau pembelinya untuk membiasakan diri antre ketika terjadi penumpukan pembeli. "Harus sadar jangan nyerobot kalau banyak orang. Jadi harus ada kebersamaan antara pedagang pembeli dan aparat," imbuhnya. ***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x