Bencana Tidak Mau Terulang, Pemkot Cimahi Minta Tenaga Ahli untuk Lakukan Asessment Pohon

- 13 Agustus 2020, 16:03 WIB
 Petugas Damkar Kota Cimahi dan BPBD Kota Cimahi sedang mengevakusi pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Kampung Cirendeu RT 01, Kelurahan Lewugajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Kamis (13/8)
Petugas Damkar Kota Cimahi dan BPBD Kota Cimahi sedang mengevakusi pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Kampung Cirendeu RT 01, Kelurahan Lewugajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Kamis (13/8) /Laksmi Sri Sundari/

GALAMEDIA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi meminta tenaga ahli untuk melakukan assesment terhadap pohon-pohon yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya pohon tumbang di wilayahnya

Seperti diketahui, pada Rabu, 12 Agustus 2020, sejumlah pohon di Kota Cimahi tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang. Pohon tersebut ada beberapa yang menimpa rumah warga.

"Hari Rabu kemarin terjadi cuaca ekstrem, hujan disertai dengan angin kencang, bahkan di beberapa wilayah terjadi hujan es, akibatnya terjadi pohon tumbang atau dahannya patah di beberapa lokasi di Kota Cimahi," ungkap Kepala DLH Kota Cimahi, M. Ronny, Kamis, 13 Agustus 2020.

Baca Juga: UNS Beri Tempat Khusus Bagi Calon Mahasiswa Penyandang Disabilitas

Menurutnya, pohon tumbang ini merupakan kejadian bencana, maka leading sektornya adalah Badan Peanggulangan Bencana Daerah (BPBD). "DLH membantu penanganan kejadian kemarin, yaitu menangani pohon tumbang yang ada di Kelurahan Pasirkaliki sebanyak 3 pohon. Sementara di tempat lain ditangani oleh BPBD dan pemadam kebakaran," kata Ronny.

Untuk antisipasi pohon tumbang di wilayahnya, Ronny mengaku, pihaknya meminta bantuan tenaga ahli.

"Kami meminta bantuan tenaga ahli untuk melakukan assesment terhadap pohon-pohon yang menjadi tanggung jawab Pemkot Cimahi. Dari hasil assesment tersebut dapat diketahui pohon-pohon mana saja yang yang rusak atau mati, atau pohon yang harus dipelihara dan dipertahankan," bebernya.

Baca Juga: Sudah Disejutujui Presiden Jokowi, Pemerintah Ingin Mudahkan Dokter Asing Masuk ke Indonesia

"Jika ada pohon yang mati atau rusak, maka kita lakukan penebangan, dan mengganti dengan pohon yang baru," sambung Ronny.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x