Daud : Jangan Ada Kerumunan, Peringatan 17 Agustus dan HUT Jabar Bisa Dilakukan dengan Cara Lain

- 13 Agustus 2020, 18:30 WIB
Daud Achmad /dok

GALAMEDIA - Situasi pandemi Covid-19 ysng belum berakhir, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-75 harus menerapkan protokol kesehatan. Begitu juga dengan perayaan HUT Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang akan dilaksanakan pada 19 Agustus 2020.

"Peringatan HUT ke-75 RI dan HUT Jabar tahun ini tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Masyarakat dapat memperingati HUT RI dan Jabar dengan disiplin terapkan protokol kesehatan, seperti pakai masker dan jaga jarak, sebagai perjuangan melawan Covid-19," ungkap Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar, Daud Achmad dalam jumpa pers di GOR Saparua, Kamis, 13 Agustus 2020.

Ia mengharapkan dalam memperingati HUT RI dan HUT Jabar tidak ada kegiatan-kegiatan yang berpotensi mengumpulkan massa. "Itu tidak kita lakukan pada 17 Agustus tahun ini. Kita bisa mensyukuri dan merayakan dengan cara lain," kata Daud.

Baca Juga: Pengelolaan Sumber Daya Air DAS Citarum Terus Digencarkan

Sementara itu, Ketua Divisi Komunikasi Publik Gugus Tugas Jabar Hermansyah menjelaskan, ada sejumlah rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar dalam peringatan HUT RI dan Jabar. Namun, rangkaian kegiatan tersebut diselenggarakan secara terbatas dan daring. 

Hermansyah mencontohkan renungan malam 17 Agustus akan dilaksanakan secara terbatas. Pun demikian dengan upacara peringatan HUT RI tingkat provinsi yang akan diselenggarakan pada 17 Agustus 2020 di Halaman Gedung Sate. Jumlah peserta upacara peringatan HUT RI di Jabar hanya dihadiri oleh sekitar 25 orang. 

"Pelibatan atau jumlah orang dalam upacara dibatasi. Gubernur Jabar, Wakil Gubernur Jabar, Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Jabar, dan Sekretaris Daerah. Yang lain petugas upacara. Petugas upacara pun dibatasi," kata Hermansyah. 

Baca Juga: LOI dengan Infrastructure Asia, Jabar Jajaki Kerja Sama Sektor Transportasi hingga Perairan

Sementara Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemda Provinsi Jabar lainnya mengikuti upacara peringat HUT RI ke-75 secara virtual. Begitu juga dengan upacara peringatan HUT Jabar

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X