Amien Rais Sewot Soal Ketum PAN Jadi Mentor Gibran Rakabuming, Begini Respons Zulkifli Hasan

- 13 Agustus 2020, 18:18 WIB
KetuaUmum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan .
KetuaUmum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan . /SETKAB/

GALAMEDIA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengungkapkan alasannya ingin menjadi mentor politik putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming.

Penjelasan ini disampaikannya untuk menjawab berbagai pertanyaan sejumlah koleganya, termasuk pendiri PAN Amien Rais.

"Banyak kolega yang bertanya kepada saya, Bagaimana maksudnya Bang Zul menjadi mentor politik Gibran itu? Di antara yang bertanya itu banyak politisi senior, mantan pejabat tinggi negara, dan lainnya," kata Zulkifli Hasan dalam keterangan tertulisnya, Kamis 13 Agustus 2020.

Baca Juga: Bawa Dana Rp 38,59 Triliun, Perusahaan Baterai Lithium asal China Bangun Pabrik di Indonesia

Menurutnya, anak muda seperti Gibran adalah calon pemimpin yang sudah mempunyai banyak hal mulai dari ide, kreativitas, inovasi, hingga optimisme. Sebagai senior ia merasa punya tugas mengajarkan visi kebangsaan yang biasanya tidak dimiliki oleh anak muda calon pemimpin.

Ia menjelaskan bahwa dirinya menyampaikan empat pesan kepada Gibran. Pertama, lanjutnya, Gibran tidak boleh melupakan perjuangan para pendiri bangsa yang menginginkan persatuan karena telah memperjuangkannya dengan keringat, darah, hingga mengorbankan nyawa.

Ia meminta Gibran tidak berpolitik yang justru mendorong perpecahan.

"Saya mewakafkan diri saya untuk menjadi mentor anak-anak muda calon pemimpin bangsa, siapapun di seluruh Indonesia, mengingatkan mereka betapa penting visi kebangsaan ini. Dari para calon pemimpin muda itu, Gibran adalah salah satunya," katanya.

Baca Juga: Pengelolaan Sumber Daya Air DAS Citarum Terus Digencarkan

Kedua, Zulkifli Hasan mengaku berpesan kepada Gibran bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila adalah hasil kesepakatan dan konsensus yang harus betul-betul dijaga serta diperjuangkan agar masyarakat bisa merasakan indahnya. Menurutnya, hal itu hanya bisa terwujud jika Pancasila ditafsirkan dan diimplementasikan dengan benar.

Ketiga, lanjutnya, Gibran tidak boleh melupakan perjuangan para ulama yang sudah berjuang untuk tegaknya Indonesia. Tanpa para ulama, Zulkifli Hasanmengingatkan, Indonesia akan kehilangan kompas rohaninya.

"Selalu bersama mereka (ulama) adalah cara terbaik untuk terus menjaga bangsa ini di rel yang benar," katanya.

Baca Juga: Sudah Terdata 7 Juta Orang, Erick Thohir Sebut Subsidi Gaji Rp 600 Rirbu Cair Akhir Bulan Ini

Terakhir, Zulkifli Hasan berpesan kepada Gibran agar selalu bergandengan dengan dua sayap yang menjaga negeri ini, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

Wakil Ketua MPR itu berkata Muhammadiyah dan NU adalah ormas Islam terbesar di Indonesia yang telah berjuang untuk Indonesia masa depan melalui syiar, pendidikan, kebudayaan, dan kesehatan.

"Jadikan keduanya, juga organisasi-organisasi lain yang punya nafas perjuangan yang sama seperti Persis, al-Washliyah, Perti, al-Irsyad, Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia, dan lainnya sebagai sahabat dan penuntun," tuturnya.

Sebelumnya, Amien Rais mengkritik langkah Zulkifli Hasanyang ingin menjadi mentor politik Gibran. Kritik dilontarkan Amien Rais lewat akun media sosial Twitter-nya, @Amien_Rais, saat merespons cuitan Zulkifli Hasandi akun @ZUL_Hasan.

Baca Juga: Gara-Gara Monyet, Tunangan Perdana Menteri Inggris Serukan Penolakkan Kelapa asal Thailand.

Ia menyatakan bahwa partai politik yang didirikan untuk melawan oligarki politik kini telah berubah menjadi partai politik yang menjadi mentor oligarki politik.

"Partai yang pernah didirikan untuk melawan oligarki politik, kini menjadi mentor oligarki politik," ucap Amien Rais di akun Twitter-nya, @Amien_Rais.

Namun, Amien Rais tak mau menyimpulkan apakah langkah Zulkifli Hasan dan DPP PAN itu bisa disebut tengah menyakiti basis ideologis pemilih PAN. Mantan Ketua MPR itu menyerahkan kepada rakyat untuk menilai langkah Zulkifli Hasanyang ingin menjadi mentor politik Gibran tersebut.

"Apakah @Official_PAN tengah menyakiti basis ideologis pemilihnya? Biarkan rakyat yang menilai," kata Amien Rais.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x