Keberangkatan Haji 2023 Pemprov Jabar Siapkan Embarkasi Bekasi dan Kertajati

- 16 Mei 2023, 14:24 WIB
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi (memegang mic) dan narasumber lain dalam acara Gaspol IV bertajuk "Pemerintah Teratur, Ibadah Haji Tahun 2023 Insha Allah Mabrur", di Citarum Hotel, Bandung, Selasa, 16 Mei 2023./ist
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi (memegang mic) dan narasumber lain dalam acara Gaspol IV bertajuk "Pemerintah Teratur, Ibadah Haji Tahun 2023 Insha Allah Mabrur", di Citarum Hotel, Bandung, Selasa, 16 Mei 2023./ist /

GALAMEDIANEWS - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) bersiap memberangkatkan calon jemaah haji (calhaj) 2023 dari embarkasi Kertajati. Embarkasi ini menambah jumlah embarkasi setelah Jakarta-Bekasi.

Musim haji 2023 menjadi yang pertama bagi embarkasi Kertajati melayani keberangkatan calhaj asal Jawa Barat yang didominasi dari daerah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi menjelaskan, saat ini calhaj yang akan diberangkatkan dari Jawa Barat didominasi jemaah lansia.

Baca Juga: KPK Cegah Ema Sumarna ke Luar Negeri Sejak Awal Mei 2023, Ini Alasannya

Baca Juga: Dugaan Gratifikasi, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Dilaporkan ke Kejati Jabar

"Kenapa bisa terjadi seperti itu? Karena 2020 tidak ada keberangkatan, 2021 juga tidak ada keberangkatan. Lalu 2022 dibatasi keberangkatannya di bawah umur 65 tahun dan pada saat tahun 2023 ini dibuka sesuai kondisi normal maka terjadi lah seperti itu," tutur Dedi.

Hal itu disampaikan Dedi dalam acara diskusi Gaspol IV bertajuk "Pemerintah Teratur, Ibadah Haji Tahun 2023 Insha Allah Mabrur", di Citarum Hotel, Bandung, Selasa, 16 Mei 2023.

Mantan Kadisdik Jabar itu menambahkan, dengan kondisi banyaknya calhaj lansia, Pemprov Jabar bersama Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jabar sudah menyiapkan petugas pendamping haji khusus lansia yang memiliki tugas dan fungsinya masing-masing.

"Ada petugas pelayanan umum, ada petugas ibadah dan ada juga petugas kesehatan nah kita perbanyak petugas kesehatan sampai orang yang daftar online tiap daerah itu hampir full semuanya diterima karena kita memang membutuhkan kondisi disana," terangnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x