WHO Minim Informasi, Sejumlah Negara Pertanyakan Keampuhan Vaksin 'Sputnik V'

- 14 Agustus 2020, 07:47 WIB
Ilustrasi Sputnik V, vaksin Covid-19 Rusia.
Ilustrasi Sputnik V, vaksin Covid-19 Rusia. /

GALAMEDIA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum mau berbicara panjang mengenai vaksin virus corona buatan Rusia yang dinamai "Sputnik V". Mereka masih belum memiliki data lengkap terkait vaksin tersebut.

Hal itu disampaikan penasihat senior WHO, Bruce Aylward, saat pengarahan di Jenewa. Menurut dia, WHO masih minim informasi untuk mengevaluasi perluasan penggunaan vaksin baru buatan Rusia.

Sementara kepala program kedaruratan WHO, Dr Mike Ryan menegaskan, kunci untuk memerangi virus corona adalah dengan menghentikan klaster-klaster menyebar ke transmisi komunitas.

Baca Juga: Adidas Edisi Star Wars Hadirkan Sosok Darth Vader dan Stormtroopers

"Persentase yang sangat kecil dari populasi dunia telah terinfeksi virus dan memiliki 'jalan yang panjang untuk membakar' jika dibiarkan," tutur dia, Kamis 13 Agustus 2020 waktu setempat.

Pada Selasa, 11 Agustus 2020, Rusia menjadi negara pertama di dunia yang memberikan lampu hijau untuk vaksin Covid-19, yang dinamai "Sputnik V". Pemberian nama vaksin itu sebagai penghormatan atas peluncuran satelit pertama di dunia oleh Uni Soviet.

Atas klaim Rusia mengenai yang pertama dalam menemukan vaksin Covid-19, Menteri Kesehatan Amerika Serikat Alex Azar mengatakan bahwa dalam perkara vaksin, yang terpenting bukan siapa yang tercepat tapi soal keampuhan dan keamanan vaksin.

Baca Juga: Dolar AS Terjungkal 'Dikeroyok' Euro dan Poundsterling, Tambahan Stimulus Covid Alami Kebuntuan

Dilansir Antara, Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn juga mengemukakan pesimismenya atas vaksin virus corona dari Rusia itu. Salah satu faktor yang memunculkan pesimisme itu adalah fakta bahwa ketika diuji klinis, efektivitas vaksin itu hanya 10 persen.

Meski demikian, beberapa negara antara lain Filipina telah menyatakan berminat dengan vaksin Rusia itu.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x