Pramuka Berperan dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19

- 14 Agustus 2020, 10:45 WIB
/


GALAMEDIA - Kota Cimahi">Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna memimpin upacara peringatan HUT 59 Pramuka Tingkat Kota Cimahi yang bertempat di Plaza Rakyat, Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi Jalan Demang Hardjakusuma, Jumat 14 Agustus 2020.

Peringatan HUT Pramuka ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, dan pembatasan peserta.

Dalam sambutannya, Ajay mengatakan, tema hari pramuka ke-59 tahun 2020 adalah Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara.

Baca Juga: Nike Rilis Jersey Anyar Bertema Burung Ikonik Liver, Liverpudlian Meradang: The Reds Tapi Hijau..

"Tema tersebut menjadi tema utama seluruh aktivitas dan kegiatan gerakan pramuka pada tahun 2020. Serta menjadi perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia.” ungkap Ajay.

Sejalan dengan kode kehormatan gerakan pramuka, Dwi Satya, Tri Satya, Dwi Darma maupun Dasa Darma Pramuka, yang menekankan kepada para pramuka agar dapat menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri, serta ikut membangun masyarakat.

"Sikap siap menolong dan membantu yang dilakukan sejak usia muda, diharapkan dapat menumbuhkan sifat empati, berpengertian, bertoleransi, dan hidup damai bersama seluruh komponen bangsa, tanpa memandang perbedaan yang ada, baik suku, agama, ras maupun aspirasi politik," terang Ajay.

Baca Juga: Hasil SBMPTN 2020 Diumumkan Hari Ini, Cek Jadwal dan Situsnya

"Sejak terjadinya wabah covid-19 yang telah melanda Indonesia, gerakan pramuka selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangannya," sambungnya.

Hal ini, menurut Ajay, menunjukkan betapa pramuka berusaha menepati janjinya, yang antara lain mengatakan Demi Kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap tuhan dan negara kesatuan republlk indonesia.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X