Satu Ekor Mencapai Rp 48 Miliar, Warga Kaget Sekawanan Ikan Tuna Termahal di Dunia Menampakkan Diri

- 14 Agustus 2020, 11:56 WIB
galamedianews.com
galamedianews.com /galamedianews.com

GALAMEDIANEWS - Jarang-jarang menampakkan diri, sekelompok bluefin tuna atau tuna sirip biru Atlantik terlihat berburu ikan dengan melompat di atas permukaan perairan Plymouth, Inggris  yang berkilau jernih.

Disaksikan belasan warga yang tengah berkayak, salah satunya Rupert Kirkwood, kemunculan si ikan langsung diabadikan. Tak kurang dari dua jam si ikan beberapa kali menampakkan diri.

Baca Juga: Anak Amien Rais, Mumtaz Rais Terlibat Keributan dengan Wakil Ketua KPK di Pesawat

Dikutip Galamedianews dari DailyMail, Jumat (14 Agustus 2020) kemunculan tuna sirip biru menjadi berita karena sejauh ini tercatat sebagai ikan termahal di dunia. Tuna sirip biru Atlantik tidak asing bagi penggemar sushi.

Sepupunya dari  Pasifik menjadi menu favorit di berbagai restoran sushi Jepang. Seorang pemilik restoran sushi Negeri Sakura tahun lalu mencatatkan rekor setelah membeli seekor ikan tuna sirip biru Pasifik seharga £2,5 juta atau Rp 48 miliar.

Baca Juga: Dimutasi, Wakapolda Jabar Brigjen. Pol Akhmad Wiyagus Jadi Kapolda Gorontalo

Ia membelinya dalam transaksi sistem lelang di pasar ikan Toyosu Tokyo. Bukti berharganya ikan tuna sirip biru Atlantik terdokumentasikan sejak zaman batu. Salah satu dalam pahatan di dinding gua Sisilia.

“Saat ikan muncul selama sekitar dua jam, terjadi keriuhan. Mereka berburu  ikan shoaling, belut pasir dan herring ke permukaan air dengan kekuatan sedemikian rupa,” papar Kirkwood yang ikut terpukau.

Kirkwood yang dikenal sebagai The Lone Kayaker dan menghabiskan banyak waktu mengamati satwa liar laut menambahkan, “Aku menyaksikan kesibukan makan siang tuna-tuna itu dan beruntung karena mendapatkan beberapa foto. Sulit mengabadikan mereka karena gerakannya begitu cepat.”

Karena termasuk spesies yang terancam punah, penangkapan tuna sirip biru di Inggris merupakan kegiatan ilegal. Jika nekat maka pemancing harus mengembalikannya ke laut.

Tuna sirip biru atau tuna raksasa adalah spesies ikan paling berharga di dunia. Tuna sirip biru Atlantik dapat mencapai kecepatan 43 mph dan menyelam ke kedalaman lebih dari 914 meter. Rata-rata panjangnya hampir 20 meter dan berbobot 249 kg.

Berasal dari Atlantik dan Mediterania, ikan tuna sirip biru dapat bertahan hidup hingga 40 tahun. Penulis Ernest Hemingway menyebutnya sebagai raja dari semua ikan, sedangkan konservasionis kenamaan Sir David Attenborough menjulukinya Superfish.

Indeed, Sir.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Daily Mail


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x