Warga Joglo Solo Ubah Wajah Kumuh 2 Sungai Jadi Cantik Warna Warni

- 14 Agustus 2020, 14:29 WIB
Warga masyarakat Kelurahan Joglo, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, mempercantik wajah dua alur sungai yang melintas kelurahan baru itu. (foto: Tok Suwarto/galamedianews)**
Warga masyarakat Kelurahan Joglo, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, mempercantik wajah dua alur sungai yang melintas kelurahan baru itu. (foto: Tok Suwarto/galamedianews)** /

GALAMEDIA - Alur sungai di tengah permukiman yang sering menimbulkan masalah lingkungan, di wilayah Kelurahan Joglo, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, justru menjadi solusi termasuk untuk membangun hubungan sosial kemasyarakatan.

Di wilayah Kelurahan Joglo yang merupakan kelurahan baru pecahan dari Kelurahan Kadipiro, melintas dua sungai yaitu Sungai Sumber Nayu dan Sungai Gambirsari, yang kondisinya kumuh oleh buangan sampah dan limbah.

Kondisi alur sungai yang memprihatinkan itu, belakangan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kebersihan di sepanjang alur sungai yang menentukan kualitas kehidupan.

Baca Juga: Duh, Utang Luar Negeri Indonesia Membengkak Jadi Rp 6.047 Triliun

Berangkat dari kesadaran itu, masyarakat Kelurahan Joglo menggalang kebersamaan untuk bergotong royong menangani kedua alur sungai tersebut.

Gebrakan pertama yang dilakukan warga Kelurahan Joglo, adalah membersihkan dasar sungai sekaligus mengecat talud di kiri kanan Sungai Sumber Nayu.

Tatanan batu-batu di talud sungai sepanjang 2 kilometer yang melintas 2 wilayah, yaitu RW 05 dan RW 06, dicat warna-warni dengan sentuhan artistik sehingga mengubah wajah sungai yang semula kumuh menjadi bersih dan ceria.

Keberhasilan 25 kepala keluarga warga Kelurahan Joglo si kiri kanan alur Sungai Sumber Nayu mempercantik wajah sungai, memantik semangat 40 KK  masyarakat di kiri dan kanan alur Sungai Gambirsari juga menggelar kegiatan yang sama.

Baca Juga: Dalam 24 Jam, di Brazil Ada 1.262 Kematian Baru Akibat Covid-19

Dasar sungai yang juga sepanjang 2 kilometer dibersihkan dan batu-batu pada talud Sungai Gambirsari dicat warna-warni, sama seperti talud Sungai Sumber Nayu.

Lurah Joglo, Hariyo Seno, menjelaskan, Jumat, 15 Agustus 2020, pembenahan dua alur sungai yang melintas Kelurahan Joglo memberi manfaat ganda. Di sisi lingkungan, kawasan di sepanjang alur sungai menjadi lebih bersih, indah dan sehat.

Di bidang sosial, kegotongroyongan dalam membenahi kedua sungai telah membangkitkan kebersamaan seluruh komponen masyarakat. Sedangkan di sisi budaya, masyarakat Kelurahan Joglo semakin sadar tentang pentingnya budaya hidup bersih dan sehat untuk semua.

Baca Juga: Catat, Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang V Dibuka Sabtu 15 Agustus 2020 Pukul 12.00 WIB

"Pemerintah berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembenahan sungai. Dalam kegiatan ini yang menonjol adalah kebersamaan dan kegotongroyongan, karena semua potensi masyarakat terlibat. Mereka ada yang menyumbang cat, ada yang menyumbang tenaga dan banyak juga yang membantu konsumsi," katanya.

Dalam kegiatan pembenahan alur sungai tersebut, menurut Lurah Hariyo Seno, tanggung jawab utama ada pada Tim Sapu Bersih Lingkungan (Saberling), yang dipimpin Sunardi. Sedangkan unsur lain yang terlibat secara aktif, adalah ASN di Kantor Kelurahan Joglo,  petugas "Pramu Kebersihan", petugas "Susur Sungai", petugas "Linmas", para pengurus RT dan RW dan lain-lain.

Ketua Tim Saberling, Sunardi, menyatakan, kegiatan mempercantik kedua alur sungai di Kelurahan Joglo, yang masing-masing diselesaikan dalam seminggu, selain untuk mengubah wajah sungai yang kumuh menjadi cantik, juga untuk menjaga dan merawat kebersihan sungai.

Baca Juga: Selama Libur Panjang HUT RI dan Tahun Baru Islam, Operasional Angkutan Barang Akan Dibatasi

Tujuan akhirnya adalah untuk menciptakan kesehatan bagi seluruh warga masyarakat Kelurahan Joglo, khusus dalan memutus mata rantai berkembang biaknya nyamuk yang merupakan salah satu sumber penyakit.

"Kita berharap, setelah wajah sungai cantik agar jangan ada lagi warga yang membuang sampah dan limbah ke sungai. Sungai yang sudah bersih harus tetap terawat biar selalu cantik," tuturnya.

Lurah Joglo, Hariyo Seno menambahkan, terbangunnya kesadaran masyarakat Kelurahan Joglo terhadap merawat kebersihan sungai untuk kesehatan dan keindahan lingkungan, siapapun yang memimpin wilayah kelurahan baru itu tidak akan berpengaruh terhadap kondisi baik kedua alur sungai.

Upaya membangun kesadaran masyarakat itu yang kini tengah dilakukan lewat berbagai unsur dan komponen masyarakat.***

Warga masyarakat Kelurahan Joglo, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, mempercantik wajah dua alur sungai yang melintas kelurahan baru itu. (foto: Tok Suwanto/galamedianews)**

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x