Pemimpin KTT G7 2023 Merilis Pernyataan Resmi Terkait Konflik Ukraina

- 20 Mei 2023, 20:19 WIB
Ilustrasi para pemimpin KTT G7.
Ilustrasi para pemimpin KTT G7. /presidenri.go.id/

GALAMEDIANEWS - Para pemimpin negara KTT-G7 yang tahun 2023 ini menggelar pertemuan di Hiroshima, Jepang, merilis pernyataan resmi terkait konflik antara Ukraina dan Rusia. Dokumen pernyataan resmi tersebut dirilis 19 Mei 2023.

Diketahui, presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy turut datang ke Hiroshima untuk menghadiri pertemuan antara 7 negara dengan ekonomi terbesar di dunia tersebut. G7 sesuai namanya merupakan forum politik berisi 7 negara yaitu Amerika Serikat, Britania Raya, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, dan Prancis.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Nottingham Forest vs Arsenal di Liga Inggris, Kick-Off Mulai Pukul 23.30 WIB

Terdapat 11 poin yang diutarakan oleh para pemimpin KTT-G7 dalam dokumen pernyataan bersama mereka terkait dengan konflik di Ukraina. Berikut ringkasan inti dari poin-poin yang tercantum dalam dokumen pernyataan Bersama tersebut:

 

Pemimpin KTT-G7 Meminta Rusia Menghentikan Agresi ke Ukraina

Dalam poin kedua dari pernyataan bersama yang dirilis, negara anggota G7 meminta agar pasukan Rusia sepenuhnya segera ditarik dari wilayah Ukraina tanpa syarat. Negara-negara G7 menyebutkan bahwa kehadiran pasukan Rusia di Ukraina merupakan pelanggaran hukum internasional. G7 juga menyebut upaya Rusia untuk menguasai wilayah Ukraina secara militer sebagai tindakan ‘ilegal’.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: g7hiroshima.go.jp


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x